Aplikasi Paint Akhirnya Punya Fitur Layer Mirip Photoshop!

Aplikasi Paint Akhirnya Punya Fitur Layer Mirip Photoshop!

Microsoft akhirnya menghadirkan fitur baru berupa layer di aplikasi Paint. Kini fungsinya makin mirip Photoshop.

Demi menghadirkan kenyamanan dalam proses editing di Paint, Microsoft menambahkan fitur baru yang mengadopsi salah satu fitur Photoshop, yakni layer atau lapisan.

Tanpa bermaksud untuk bersaing dengan Photoshop, perlahan tapi pasti Microsoft tengah menjadikan Paint sebagai alat canggih yang bisa membantu konten kreator menghasilkan seni grafis yang tidak kalah dari aplikasi sejenis.

Layer di Paint berfungsi sebagai lembaran-lembaran yang bisa ditumpuk menjadi satu.

Tiap layer dapat diedit secara independen. Dengan demikian, desain yang rumit masih bisa diatasi oleh Paint.

“Sekarang Anda dapat menambah, menghapus, dan mengelola lapisan (layer) pada kanvas untuk menciptakan seni digital yang lebih kaya dan kompleks,” tutur Microsoft pada Senin, 18 September 2023.

Selain support pada layer, Paint juga menghadirkan transparency yang memungkinkan pengguna mengedit gambar PNG transparan secara langsung di Paint.

Dengan fitur transparency, ruang kosong dalam kanvas tidak hanya dapat disimpan sebagai ruang putih saja, namun pengguna dapat menjadikannya transparan. 

“Menghapus konten apapun dari kanvas sekarang benar-benar menghapus konten tersebut, alih-alih mengecat area tersebut dengan warna putih,” tambah Microsoft.

Pengguna juga akan mendapatkan alat untuk menghapus background untuk dapat membuat dan memodifikasi gambar transparan tanpa perlu menggunakan aplikasi lain.

Fitur baru pada Paint ini tersedia di Windows 11. Saat ini, fitur layer, penghapus background, dan transparency terbatas pada pengguna beta yang terdaftar pada program Windows Insider.

Meski tidak dikatakan kapan fitur adopsi Photoshop itu akan dirilis secara stabil, Microsoft menjanjikan pengguna bisa menikmatinya secara gratis pada aplikasi Paint.

Bagi yang sering menggunakan Photoshop, fitur layer mungkin bukanlah hal besar.

Namun, adanya fitur tersebut di Microsoft Paint adalah kabar baik bagi pengguna Windows yang ingin mendapatkan fitur editing tambahan tanpa harus membayar mahal.

Mengingat Adobe Photoshop yang kaya akan fitur mengharuskan pengguna berlangganan, kehadiran Paint sebagai aplikasi gratis yang modern untuk pengeditan gambar tentu menjadi angin segar bagi para konten kreator.

Tools baru Paint ini dapat dicoba dengan mendaftar ke Windows Insider Canary atau Dev Channels dan menunggu pembaruan tersedia.

Namun, kemungkinan fitur ini belum tersedia langsung untuk semua penguna.

WhatsApp Luncurkan Fitur Salin Link dari Pembaruan Saluran

Fitur salin link pesan di saluran kini sudah tersedia untuk pengguna WhatsApp beta terpilih. Fitur ini bakal hadir untuk pengguna global secara bertahap.

Gboard Kini Beralih ke Floating Keyboard di Mode Landscape

Kesulitan mengetik di mode ponsel landscape kini bisa diatasi dengan kemampuan baru floating keyboard dari Gboard.

Hore! WhatsApp Versi Beta Kini Sudah Tersedia di iPad

Pengguna WhatsApp versi beta kini bisa mulai menggunakan aplikasi perpesanan populer ini di perangkat iPad tanpa perlu menggunakan versi web.

Meta Bakal Rilis Chatbot AI ‘Sassy Robot’ untuk Gen Z

Chatbot AI terbaru dari Meta akan segera hadir untuk menunjang aktivitas Gen Z.

Google Play Games for PC Akan Segera Hadir di Indonesia

Pengguna PC dan laptop kini sudah bisa memainkan game Android di perangkat mereka dengan menginstall Google Play Games for PC.

Adobe Luncurkan Photoshop Versi Web yang Dilengkapi Tools AI

Photoshop versi web yang dilengkapi dengan tools AI dari Firefly hadir untuk pengguna berbayar. Begini penampakannya.