Aplikasi Paint Akhirnya Punya Fitur Layer Mirip Photoshop!

Aplikasi Paint Akhirnya Punya Fitur Layer Mirip Photoshop!

Microsoft akhirnya menghadirkan fitur baru berupa layer di aplikasi Paint. Kini fungsinya makin mirip Photoshop.

Demi menghadirkan kenyamanan dalam proses editing di Paint, Microsoft menambahkan fitur baru yang mengadopsi salah satu fitur Photoshop, yakni layer atau lapisan.

Tanpa bermaksud untuk bersaing dengan Photoshop, perlahan tapi pasti Microsoft tengah menjadikan Paint sebagai alat canggih yang bisa membantu konten kreator menghasilkan seni grafis yang tidak kalah dari aplikasi sejenis.

Layer di Paint berfungsi sebagai lembaran-lembaran yang bisa ditumpuk menjadi satu.

Tiap layer dapat diedit secara independen. Dengan demikian, desain yang rumit masih bisa diatasi oleh Paint.

“Sekarang Anda dapat menambah, menghapus, dan mengelola lapisan (layer) pada kanvas untuk menciptakan seni digital yang lebih kaya dan kompleks,” tutur Microsoft pada Senin, 18 September 2023.

Selain support pada layer, Paint juga menghadirkan transparency yang memungkinkan pengguna mengedit gambar PNG transparan secara langsung di Paint.

Dengan fitur transparency, ruang kosong dalam kanvas tidak hanya dapat disimpan sebagai ruang putih saja, namun pengguna dapat menjadikannya transparan. 

“Menghapus konten apapun dari kanvas sekarang benar-benar menghapus konten tersebut, alih-alih mengecat area tersebut dengan warna putih,” tambah Microsoft.

Pengguna juga akan mendapatkan alat untuk menghapus background untuk dapat membuat dan memodifikasi gambar transparan tanpa perlu menggunakan aplikasi lain.

Fitur baru pada Paint ini tersedia di Windows 11. Saat ini, fitur layer, penghapus background, dan transparency terbatas pada pengguna beta yang terdaftar pada program Windows Insider.

Meski tidak dikatakan kapan fitur adopsi Photoshop itu akan dirilis secara stabil, Microsoft menjanjikan pengguna bisa menikmatinya secara gratis pada aplikasi Paint.

Bagi yang sering menggunakan Photoshop, fitur layer mungkin bukanlah hal besar.

Namun, adanya fitur tersebut di Microsoft Paint adalah kabar baik bagi pengguna Windows yang ingin mendapatkan fitur editing tambahan tanpa harus membayar mahal.

Mengingat Adobe Photoshop yang kaya akan fitur mengharuskan pengguna berlangganan, kehadiran Paint sebagai aplikasi gratis yang modern untuk pengeditan gambar tentu menjadi angin segar bagi para konten kreator.

Tools baru Paint ini dapat dicoba dengan mendaftar ke Windows Insider Canary atau Dev Channels dan menunggu pembaruan tersedia.

Namun, kemungkinan fitur ini belum tersedia langsung untuk semua penguna.

Apple Rilis iOS 17.1 RC2 untuk iPhone 15, Apa yang Baru?

Apple merilis pembaruan khusus untuk model iPhone 15 lewat iOS 17.1 RC2. Ada berbagai peningkatan hingga perbaikan bug.

WhatsApp Hadirkan 4 Format Teks Baru, Begini Cara Pakainya!

Mulai dari bullet, number, quote, hingga inline code. Begini cara pakai format teks yang baru dirilis WhatsApp.

PS5 Pro Dirumorkan Akan Rilis September 2023, Begini Spesifikasinya!

Sony dikabarkan akan meluncurkan seri terbaru dari PlayStation 5, yaitu PlayStation 5 Pro (PS5 Pro) pada September 2023 mendatang. Apa bedanya?

Instagram Luncurkan 4 Fitur Baru untuk Gen Z, Ini Daftarnya!

Beberapa bulan mendatang, berbagai fitur baru Instagram akan segera hadir. Meta menargetkan fitur ini khusus untuk menarik pengguna Gen Z.

Pengguna Windows 7 dan 8 Tak Akan Bisa Lagi Pakai Steam

Steam mengumumkan akan menghentikan dukungan aplikasi mereka di dua versi OS Windows ini per Januari 2024.

Sony Umumkan 3 Game Gratis PlayStation Plus Periode Maret 2023

Di acara State of Play, Sony mengumumkan 3 game gratis untuk pelanggan PS Plus periode Maret 2023. Ini daftarnya!