Twitter (X) Bakal Jadi Platform Berbayar, Begini Kata Elon Musk

Twitter (X) Bakal Jadi Platform Berbayar, Begini Kata Elon Musk

Twitter atau X dikabarkan akan jadi platform berbayar. Alasan Elon Musk atas rencana ini adalah untuk memerangi jumlah bot yang semakin tinggi.

Setelah membeli Twitter pada Oktober 2022 dan mengganti namanya menjadi X, Elon Musk kini berencana mengubah platform gratis tersebut menjadi berbayar.

Dikatakan bahwa X akan menetapkan biaya bulanan dengan nominal yang tidak besar untuk semua pengguna, selain layanan premium yang sudah berjalan sebelumnya, yakni X Blue.

Gagasan tersebut dikatakan Elon Musk saat pertemuannya dengan Menteri Israel Benjamin Netanyahu pada Senin, 18 September 2023.

Dilansir dari TechCrunch, Elon Musk berujar bahwa penetapan bayaran bulanan bagi pengguna X adalah satu-satunya cara yang dia pikirkan untuk memerangi pasukan bot dalam jumlah besar.

Dengan ditetapkannya biaya bulanan bagi pengguna X, Musk berujar adanya bot yang awalnya hanya membutuhkan sepersekian persen, akan membutuhkan biaya yang lebih tinggi.

Saat ini, penggunaan AI dalam bot jauh lebih baik, bahkan AI bisa lulus tes CAPTCHA yang mulanya dimaksudkan untuk mendeteksi bot.

Elon Musk belum menjelaskan kapan ia berencana mengenakan biaya pada layanan X dan berapa besar uang yang harus dikeluarkan pengguna. 

Namun, dia menegaskan bahwa biaya yang harus dibayar hanya ‘sejumlah kecil uang’.

Ide untuk menetapkan pembayaran bulanan pada platform X sebenarnya bukanlah hal baru bagi Elon Musk.

Dilaporkan bahwa Musk tengah mempertimbangkan platform berbayar sejak tahun lalu.

Sebelum terdengar X akan menjadi platform berbayar, otoritas X sebelumnya telah mendorong pengguna berlangganan X Premium, yang sebelumnya adalah Twitter Blue.

Meski pengguna layanan berbayar X Premium menawarkan banyak fitur mumpuni, sebuah penelitian independen menunjukkan tidak banyak pengguna yang mendaftar ke X Premium.

Jika X beralih dari platform gratis ke berbayar, hal ini akan menjadi keberhasilan Musk dalam memonetisasi lebih banyak situs sejak Twitter diakuisisi tahun lalu.

Meskipun penetapan biaya bulanan X dikatakan demi memerangi bot, X sesungguhnya membutuhkan aliran pendapatan, bahkan sejak sebelum platform tersebut diakuisisi oleh Musk.

Twitter merugi sebanyak 344 juta dolar sebelum diakuisisi.

Saat Musk memimpin, hari-hari pertama kepemimpinannya diawali dengan pemecatan 3.700 dari sekitar 7.500 karyawan dengan alasan perlunya memangkas biaya karena pendapatan rendah. 

Realme GT5 Pro Siap Rilis 7 Desember, Ini Fitur Unggulannya!

Realme GT5 Pro akan jadi smartphone pertama dengan Snapdragon 8 Gen 3 Mobile Platform dan lensa telefoto periskop super ringan Sony IMX890.

Microsoft Tunda Update Windows 11 2023 pada Media Creation Tool

Pembaruan Windows 11 2023 saat ini tidak tersedia di MCT. Microsoft disinyalir tengah mempersingkat waktu install dan ukuran file unduhan.

Capcom Luncurkan Resident Evil 4 Remake, Segini Harganya!

Capcom resmi merilis game Resident Evil 4 Remake. Apa perbedaannya dengan yang versi lama dan berapa harganya?

Google Meet Luncurkan Portrait Touch-up, Bikin Lebih Flawless Saat Rapat!

Google Meet menghadirkan fitur portrait touch-up yang bisa digunakan untuk mempercantik diri selama panggilan video.

Siap-Siap, Gunakan TweetDeck Harus Langganan Twitter Blue!

Twitter mengumumkan bahwa TweetDeck nantinya hanya bisa diakses oleh para pengguna Twitter yang sudah berlangganan Twitter Blue.

ChromeOS 117 Hadirkan Desain Material You & Fitur Lain yang Ciamik!

ChromeOS 117 hadir dengan berbagai fitur baru untuk mengefisiensikan tugas pengguna. Berikut detail lengkapnya.