Twitter (X) Bakal Jadi Platform Berbayar, Begini Kata Elon Musk

Twitter (X) Bakal Jadi Platform Berbayar, Begini Kata Elon Musk

Twitter atau X dikabarkan akan jadi platform berbayar. Alasan Elon Musk atas rencana ini adalah untuk memerangi jumlah bot yang semakin tinggi.

Setelah membeli Twitter pada Oktober 2022 dan mengganti namanya menjadi X, Elon Musk kini berencana mengubah platform gratis tersebut menjadi berbayar.

Dikatakan bahwa X akan menetapkan biaya bulanan dengan nominal yang tidak besar untuk semua pengguna, selain layanan premium yang sudah berjalan sebelumnya, yakni X Blue.

Gagasan tersebut dikatakan Elon Musk saat pertemuannya dengan Menteri Israel Benjamin Netanyahu pada Senin, 18 September 2023.

Dilansir dari TechCrunch, Elon Musk berujar bahwa penetapan bayaran bulanan bagi pengguna X adalah satu-satunya cara yang dia pikirkan untuk memerangi pasukan bot dalam jumlah besar.

Dengan ditetapkannya biaya bulanan bagi pengguna X, Musk berujar adanya bot yang awalnya hanya membutuhkan sepersekian persen, akan membutuhkan biaya yang lebih tinggi.

Saat ini, penggunaan AI dalam bot jauh lebih baik, bahkan AI bisa lulus tes CAPTCHA yang mulanya dimaksudkan untuk mendeteksi bot.

Elon Musk belum menjelaskan kapan ia berencana mengenakan biaya pada layanan X dan berapa besar uang yang harus dikeluarkan pengguna. 

Namun, dia menegaskan bahwa biaya yang harus dibayar hanya ‘sejumlah kecil uang’.

Ide untuk menetapkan pembayaran bulanan pada platform X sebenarnya bukanlah hal baru bagi Elon Musk.

Dilaporkan bahwa Musk tengah mempertimbangkan platform berbayar sejak tahun lalu.

Sebelum terdengar X akan menjadi platform berbayar, otoritas X sebelumnya telah mendorong pengguna berlangganan X Premium, yang sebelumnya adalah Twitter Blue.

Meski pengguna layanan berbayar X Premium menawarkan banyak fitur mumpuni, sebuah penelitian independen menunjukkan tidak banyak pengguna yang mendaftar ke X Premium.

Jika X beralih dari platform gratis ke berbayar, hal ini akan menjadi keberhasilan Musk dalam memonetisasi lebih banyak situs sejak Twitter diakuisisi tahun lalu.

Meskipun penetapan biaya bulanan X dikatakan demi memerangi bot, X sesungguhnya membutuhkan aliran pendapatan, bahkan sejak sebelum platform tersebut diakuisisi oleh Musk.

Twitter merugi sebanyak 344 juta dolar sebelum diakuisisi.

Saat Musk memimpin, hari-hari pertama kepemimpinannya diawali dengan pemecatan 3.700 dari sekitar 7.500 karyawan dengan alasan perlunya memangkas biaya karena pendapatan rendah. 

Realme Narzo 60x 5G Resmi Dirilis dengan Harga 2 Jutaan!

Realme Narzo 60x 5G resmi dirilis dan dibanderol mulai harga 2 jutaan saja. Begini detail spesifikasinya!

Postingan Threads Kini Bisa Tampil di Facebook Lewat ‘For you on Threads’

Setelah Instagram, Meta juga menampilkan carousel Threads di Facebook sebagai taktik promosi silang.

Instagram Resmi Luncurkan Fitur Lirik Lagu di Reels!

Pengguna kini bisa menambahkan lirik lagu secara otomatis untuk postingan Reels yang menggunakan musik. Fitur ini mirip dengan lirik lagu di Story Instagram.

Segera Rilis, Game Hogwarts Legacy Umumkan Harga dan Spesifikasinya

Hogwarts Legacy akan segera rilis pada tanggal 10 Februari 2023. Game besutan Avalanche Software ini sudah merilis harga serta spek PC yang dibutuhkan.

Windows 12 Dikabarkan Rilis Tahun 2024, Punya Banyak Fitur AI!

Windows versi baru dikabarkan akan rilis tahun 2024. Meski belum diumumkan secara resmi, versi ini digadang-gadang menjadi Windows 12.

Realme 11 4G dan 11 5G Resmi Meluncur, Ini Perbandingan Keduanya!

Realme kembali merilis dua produk baru, yaitu Realme 11 4G dan Realme 11 5G. Berikut spesifikasi dan perbandingannya!