TikTok Uji Coba Postingan Berdurasi 15 Menit ke Beberapa Pengguna

TikTok Uji Coba Postingan Berdurasi 15 Menit ke Beberapa Pengguna

Platform yang identik dengan video pendek ini tengah menguji kemampuan untuk mengunggah video dengan durasi maksimal 15 menit.

Platform berbagi video pendek populer milik ByteDance, TikTok, saat ini tengah menguji kemampuan baru yang disebut-sebut bakal menyaingi aplikasi serupa milik Google, yaitu YouTube.

TikTok saat ini tengah menguji kemampuan mengunggah video berdurasi hingga 15 menit kepada pengguna tertentu.

Durasi waktu video yang bisa diunggah itu naik dari yang sebelumnya maksimal 10 menit, membuka kesempatan baru bagi para konten kreator di TikTok yang ingin berbagi video lebih panjang.

Mengingat fokus awal platform ini adalah klip pendek yang menghibur, keputusan TikTok dengan uji coba unggahan video berdurasi panjang tentu mengejutkan banyak orang.

Sebenarnya, TikTok telah mengisyaratkan peralihan konten pendek ke konten dengan durasi panjang sejak adanya perluasan durasi video pada bulan Februari 2022 lalu.

Saat itu, TikTok memberi keleluasaan bagi pengguna dari yang mulanya hanya dapat mengunggah video maksimal 3 menit menjadi 10 menit.

Sebelum bisa mengunggah video hingga maksimal 3 menit, TikTok bahkan diawali dengan video super pendek berdurasi 15 detik yang kemudian diperluas menjadi 60 detik. 

Batas unggahan 15 menit yang tengah diuji akan memberi lebih banyak waktu dan fleksibilitas kepada konten kreator, seperti konten kreator resep masakan, tutorial make-up, konten pendidikan, hingga sketsa komedi.

Alih-alih membagi video menjadi beberapa part, konten kreator bisa membagikan langsung dalam satu video utuh.

Keputusan TikTok untuk menguji video dengan durasi lebih panjang memposisikan dirinya sebagai pesaing langsung YouTube.

TikTok identik dengan video pendek, sementara YouTube adalah wadah bagi konten atau video dengan durasi yang lebih panjang.

Ketika batas antara kedua platform tersebut semakin tak kasat mata, durasi video TikTok yang diperpanjang dapat menarik para konten kreator YouTube untuk melirik TikTok.

Dalam beberapa tahun terakhir, TikTok dan YouTube telah melakukan upaya untuk mendiversifikasi penawaran konten mereka. 

Pengujian TikTok terhadap video dengan durasi lebih panjang sejalan dengan adopsi YouTube terhadap video pendek yang hadir melalui fitur Short-nya.

Seiring dengan upaya mereka untuk menarik lebih banyak perhatian konten kreator dan pengguna aplikasi, persaingan keduanya semakin memanas.

Saat ini, batas unggahan video TikTok hingga 15 menit masih terbatas pada pengguna tertentu di wilayah tertentu.

Belum diketahui secara pasti kapan atau apakah TikTok akan meluncurkan kemampuan tersebut secara global.

Desain Oppo Find X7 Terungkap, Punya Susunan Kamera Berbentuk T

Seri Oppo Find X7 dikabarkan memiliki desain kamera melingkar besar di bagian belakang, dengan lensa kamera disusun dalam bentuk huruf T.

WhatsApp Luncurkan Passkey di Android untuk Perketat Keamanan

Demi menghindari peretasan dan kejahatan lain, WhatsApp meluncurkan passkey untuk masuk ke akun dengan pengenalan wajah hingga sidik jari.

WhatsApp Hadirkan 4 Format Teks Baru, Begini Cara Pakainya!

Mulai dari bullet, number, quote, hingga inline code. Begini cara pakai format teks yang baru dirilis WhatsApp.

Cegah Spam, X Akan Kenakan Biaya Tahunan dan Verifikasi Identitas

Spam dan bot yang terus merajalela membuat X harus berinovasi dengan aturan baru. Selain biaya tahunan, X juga akan menerapkan kebijakan baru ini.

Rumor: iOS 17 Tidak Tersedia di iPhone 8 dan iPhone X, Benarkah?

iOS 17 yang akan rilis mendatang dirumorkan tidak tersedia untuk iPhone X dan iPhone 8. Apakah benar begitu? Begini penjelasannya!

Rilis di Indonesia, Sony PS VR2 Dibanderol Seharga Rp 10 Juta!

Sony mengeluarkan perangkat terbaru yang diberi nama PS VR2 dan sudah dipasarkan di Indonesia dengan Rp 10 Juta. Begini spesifikasinya!