Vector

Apa itu Vector?

Vektor adalah karya seni grafis yang terdiri dari elemen geometris – titik, garis, dan bentuk yang didasarkan pada persamaan matematika.

Dengan kata lain, perhitungan matematika dari titik, garis, dan bentuk inilah yang akan membentuk suatu gambar.

Dalam gambar vektor, setiap garis atau titik dapat ditambahkan dengan berbagai atribut, seperti bentuk, lekukan garis, ketebalan, dan warna.

Berapapun ukuran atau seberapa jauh gambar diperbesar, garis, bentuk, dan titik pada gambar vektor tetap terlihat jelas. Gambar vektor tidak akan memiliki garis yang bergerigi atau buram, seperti halnya pada gambar bitmap.

Pada desain grafis, terdapat dua jenis gambar vektor, yaitu jalur (paths) dan bentuk (shapes). Jalur (paths) adalah sekumpulan garis dan bentuk yang dapat diedit menggunakan program grafik komputer. Paths cocok untuk membuat ilustrasi. 

Sementara itu, Bentuk (shapes) hanyalah satu garis. Shapes berguna untuk membuat logo dan ikon.

Kelebihan dan Kekurangan Vektor

1. Kelebihan

Gambar vektor memiliki beberapa keunggulan dibandingkan format gambar lainnya.

Pada skala bisnis, grafik vektor dapat menciptakan brand image yang terlihat lebih profesional. 

Selain itu, tidak perlu khawatir jika ingin mencetak gambar vektor beresolusi tinggi menggunakan printer.

Garis dan bentuk yang halus menghasilkan bahan cetakan dengan kualitas terbaik, memiliki warna yang solid, konsisten, dan teks yang jernih dan tajam. Misalnya, logo vektor besar yang dicetak di papan reklame atau untuk kaos sablon akan tetap terlihat jernih.

Gambar vektor juga dapat diubah ukurannya ke berbagai ukuran tanpa khawatir mengganggu kualitasnya. Hal ini akan menghemat waktu desainer grafis dalam mengedit gambar.  

2. Kekurangan

Meskipun gambar vektor memiliki banyak keunggulan, format file ini belum tentu sempurna. Jenis format ini juga dapat memiliki kelemahan. 

Salah satunya adalah jika gambar diubah menjadi bitmap, gambar tersebut tidak dapat menghasilkan vektor utama lagi dan kehilangan semua karakteristik vektornya.

Selain itu, tampilan gambar yang dihasilkan kurang nyata dan natural, sehingga tidak dapat digunakan untuk menghasilkan gambar foto yang realistis. 

Keuntungan Menggunakan Gambar Vektor

1. Kualitas Gambar

Seperti yang sudah disebutkan, kualitas gambar adalah keunggulan dalam grafik vektor. 

Jika dibandingkan dengan bitmap yang terdiri atas pixel, gambar vektor memiliki kejernihan dan ketajaman yang sangat konsisten.

Bitmap akan terlihat pecah atau bergerigi saat diperbesar. Sedangkan jika gambar vektor diperbesar, gambar akan tetap tajam setiap saat. 

Adapun format akhir dari gambar format akhir dari gambar vektor akan tergantung dengan software yang digunakan. 

Diantaranya SVG (Scalable Vector Graphics), CDR (CorelDraw format), AI (Adobe Illustration format), EPS (Encapsulated Post Script), dan PDF (Portable Document Format).

Sedangkan format yang dihasilkan bitmap biasanya adalah PNG (Portable Network Graphics), JPG (Joint Photographic Group), dan GIF (Graphics Interchange Format). 

2. Skalabilitas (Terukur)

Kemampuan untuk menskalakan (scaleable) adalah manfaat terbesar menggunakan gambar vektor. Gambar yang dibuat dengan vektor dapat diskalakan tanpa batas – tanpa mengkhawatirkan kualitas, dari logo kecil pada pena hingga gambar sebesar papan iklan.

Skalabilitas sangat penting untuk aplikasi digital karena suatu gambar pastinya ingin terlihat sama tajam dan jelas di semua ukuran layar.

3. Fleksibel

Gambar vektor mudah dibuat dan dapat disimpan di dalam banyak graphics editor software. 

Software seperti CorelDraw, Adobe Illustrator, dan Macromedia Freehand akan dengan mudah mengubah logo atau desain lainnya menjadi gambar vektor. Proses ini dikenal sebagai vektorisasi.

Dalam file vektor, elemen apa pun juga dapat dengan cepat dan mudah diubah ukurannya, diputar, diregangkan, dimiringkan, digeser, atau disesuaikan kapan saja.

4. Ukuran File Lebih Kecil

Format vektor memakan lebih sedikit ruang daripada format lainnya, jadi memilih format vektor akan mengurangi jumlah penyimpanan yang dibutuhkan. 

Ukuran file yang lebih kecil juga mempercepat dan mempermudah berbagi gambar melalui email atau aplikasi berbagi file. Desainer web sangat menyukai ukuran file grafik vektor yang kecil karena memuat lebih cepat di halaman web.

Kapan Menggunakan Gambar Vektor? 

Ukuran file dan skalabilitas grafik vektor yang kecil membuatnya sangat cocok untuk digunakan dalam pencetakan digital dari kartu nama hingga papan iklan.

Dalam desain grafis, gambar vektor sangat umum digunakan untuk desain skala besar seperti spanduk, papan nama, dan item format besar lainnya.

Grafis vektor adalah pilihan terbaik untuk pekerjaan cetak identitas bisnis, logo, poster promosi, dan ilustrasi utama.

Kutip Istilah Ini

Verdianto, Dwi Arizki. 2023. “Vector - Pengertian, Fungsi, Kelebihan dan Kekurangannya”. Teknogram. Diakses 2 February 2023. https://teknogram.id/kamus/vector/

Berhasil Disalin

DDL

DDL (Data Definition Language) adalah bahasa untuk mendeskripsikan data dan...

XD

Adobe XD adalah sebuah software yang dikembangkan oleh Adobe Inc...

Mainframe

Mainframe adalah suatu jenis komputer yang memiliki ukuran besar, kapasitas...

Overclock

Overclock atau Overclocking adalah sebuah metode untuk meningkatkan clock rate...