Outlook

Apa itu Outlook?

Outlook adalah sebuah aplikasi perpesanan elektronik buatan Microsoft yang memungkinkan kamu untuk mengirim dan menerima email.

Selain bisa dipakai untuk mengirim email, Outlook bisa juga menyimpan nama dan nomor kontak serta bisa diintegrasikan dengan aplikasi Microsoft lain seperti Teams.

Fitur Microsoft Outlook

Berikut adalah beberapa fitur yang dimiliki oleh Microsoft Outlook:

1. Outlook Calendar

Tak hanya email saja, Outlook juga memiliki layanan kalender yang terintegrasi.

Dengan fitur tersebut, kamu bisa dengan mudah mengatur jadwal sehari-hari. Kamu bisa mengatur jadwal untuk pekerjaan sekaligus kalender untuk aktivitas pribadi.

Kamu juga bisa mengirim kalender tersebut ke temanmu lewat fitur calendar sharing. Sehingga ketika kamu mau merencanakan rapat, semua orang dapat dengan mudah melihat jadwal dari kalender tersebut.

2. Outlook Task

Jika kamu suka mengelola jadwal kegiatanmu di secarik kertas, kini kamu bisa beralih memakai Microsoft Outlook saja karena aplikasi ini memiliki fitur to do task yang akan menggantikan metode tersebut.

Cara memakainya adalah dengan klik New Items, lalu klik Task, kemudian isi nama pekerjaan, notifikasi pengingat, tanggal mulai, deadline, serta skala prioritas.

3. Outlook People

Fitur berikutnya yang ada di Microsoft Outlook adalah People.

Dengan fitur ini, kamu dapat mengelola email yang masuk ke inboxmu dan menandai alamat-alamat email penting sehingga kamu tidak akan kehilangan alamat email mereka.

Kamu dapat membuat daftar kontak orang-orang yang sering kamu kirimi email, orang yang biasanya mengirim kamu email, atau orang-orang yang ingin kamu hubungi setiap waktu.

Fitur ini merupakan fitur yang tidak dimiliki oleh aplikasi perpesanan elektronik lainnya dan menjadi keunggulan tersendiri bagi Microsoft Outlook.

Kelebihan Outlook

1. Memiliki Fitur Pengingat Lampiran

Outlook berbeda dengan aplikasi perpesanan elektronik lainnya, aplikasi ini memiliki kelebihan dimana ada fitur yang akan mengingatkanmu untuk mengupload lampiran file sebelum mengirim email.

Jika email yang kamu kirimkan memang tidak ada lampirannya, maka notifikasi dari outlook tersebut bisa kamu abaikan.

2. Mampu Mengedit Email yang Sedang Berada di Proses Pengiriman

Outlook juga lebih canggih karena proses pengiriman email bisa dihentikan saat kamu masih ingin mengedit dan memperbaiki isinya, berbeda dengan Gmail yang biasanya tidak bisa membatalkan email yang telah dikirim.

Kamu masih bisa menghentikan proses pengiriman untuk mengunggah file atau mengedit pesannya, setelah itu kamu bisa mengirimkan email itu lagi.

3. Terintegrasi dengan Produk Microsoft Lainnya

Di dalam Outlook juga sudah terintegrasi dengan produk Microsoft lain yang sangat mendukung pekerjaan individu maupun kantoran.

Misalnya seperti Microsoft Word, Microsoft Excel, Microsoft PowerPoint, Accsess, dll.

4. Memiliki Fitur Auto Reply dan Bisa Membaca Email saat Offline

Microsoft Outlook bisa dipakai untuk membaca email secara offline dan ada fitur auto reply, saat kamu dalam posisi offline, kamu bisa mengetik balasan untuk emailmu.

Setelah nanti kamu berada di mode online, email tersebut akan otomatis terkirim ke alamat email yang kamu tuju.

Kekurangan Outlook

1. Memiliki Kapasitas Penyimpanan yang Kecil

Microsoft Outlook memiliki penyimpanan yang terbatas, yaitu hanya sebesar 5 GB.

Untuk mendapatkan penyimpanan yang lebih besar, kamu harus upgrade ke versi premiumnya yang tentu saja berbayar. Namun, kapasitas yang kamu miliki bisa bertambah hingga 1 TB.

2. Microsoft Outlook Jarang dipakai oleh Orang Indonesia

Masyarakat Indonesia lebih sering memakai email dari produk Google karena Outlook tidak terlalu familiar bagi mereka.

Jadi, alamat email yang kamu miliki mungkin akan terasa asing bagi orang lain.

Selain itu, perbedaan alamat atau penyedia layanan ini juga sering mengakibatkan masuknya pesan email ke folder Spam tanpa alasan yang jelas.

Kutip Istilah Ini

Verdianto, Dwi Arizki. 2023. “Outlook - Pengertian, Fitur, serta Kelebihan & Kekurangannya”. Teknogram. Diakses 2 February 2023. https://teknogram.id/kamus/outlook/

Berhasil Disalin

SSID

SSID (Service Set Identifier) adalah sebuah identitas berupa nama jaringan...

Line

Line adalah suatu aplikasi chat atau pengirim pesan instan gratis...

AutoCAD

AutoCAD (Auto Computer-Aided-Design) adalah perangkat lunak yang dikembangkan oleh induk...

Floppy Disk

Floppy disk adalah salah satu media penyimpanan komputer lawas yang...