Download DirectX 9 Terbaru Gratis

DirectX 9

Versi ke 9 dari DirectX

Rating 4.5
Platform Windows
Developer Microsoft
Versi Terbaru
Kategori Driver
Ukuran 96 MB

Tentang DirectX 9

Microsoft DirectX atau DirectX adalah software yang digunakan untuk membuat aplikasi multimedia, khususnya programming game. Software ini mendukung grafis 2D dan 3D, sound effect dan musik, perangkat input dan aplikasi jaringan seperti game multiplayer.

DirectX merupakan kumpulan program komputer API (Application Programming Interfaces). Nama DirectX berasal dari nama program-program di dalamnya yang diawali dengan Direct, seperti DirectDraw, DirectPlay dan lain-lain, dan X berasal dari Xbox.

DirectX 9 dirilis tahun 2002 dan tersedia untuk Windows 98, Me dan XP. DirectX 9 sebagai penerus DirectX 8 dikembangkan dengan tujuan untuk mempermudah pengembangan game yang dilakukan oleh para Developer.

Fitur DirectX 9

1. DirectInput

DirectInput adalah salah satu program atau aplikasi yang termasuk dalam DirectX. Aplikasi ini diperuntukan untuk perangkat masukkan seperti mouse, keyboard, dan game controller, termasuk juga perangkat Force-Feedback.

2. DirectX Graphic

DirectX graphic dirilis dalam DirectX 8.0 dan merupakan kombinasi antara Direct3D dengan DirectDraw.

DirectDraw digunakan untuk mengedit (rendering) grafis 2 dimensi. Kamu juga bisa menggunakan aplikasi ini untuk membuat grafis 3D, tetapi proses rendering akan lebih lama dari pada Direct3D.

Direct3D digunakan untuk proses rendering grafis 3D. Pada versi DirectX 8.0 ini, Direct3D tidak hanya untuk grafis 3d tetapi juga dapat kamu gunakan untuk rendering grafis 2 dimensi.

Hal ini disebabkan karena Direct3D dikembangkan sebagai pengganti kerangka kerja DirectDraw. Namun, kamu masih bisa menggunakan DirectDraw menggunakan DirectX 7 atau versi sebelumnya.

3. DirectShow

DirectShow adalah aplikasi yang dapat kamu gunakan untuk melakukan berbagai macam pemutaran dan editing file multimedia maupun streaming. DirectShow juga bisa kamu gunakan untuk mengkonversi format file.

Aplikasi ini pada walnya dibuat untuk bisa mensupport jenis file MPEG-1 dan menggantikan software bernama Video for Windows. Pada perkembangannya, DirectShow telah mensupport jenis file lain seperti MP3, Windows Media Audio dan Video, MIDI dan metafile.

DirectShow juga punya fitur bernama filter. Fitur ini akan menunjukkan sampai dimana atau pada tahap apa sebuah file diproses. Filter disini terbagi menjadi tiga, yaitu filter Source (sumber), Transform dan Renderer.

4. DirectPlay

DirectPlay merupakan Aplikasi interface tingkat tinggi berupa servis antara komunikasi dan aplikasi yang memungkinkan game tersambung dengan internet, jaringan atau modem.

Aplikasi ini memiliki set peralatan (tools) yang dapat membantu kamu menemukan situs game session dan berkomunikasi satu sama lain.

5. DirectMusic

Aplikasi ini berfungsi untuk memutar dan menyusun musik dan sound effect. DirectMusic juga memmungkinkan kamu menangkap (capture) dan memutar sample suara digital.

Fungsi lain yang dapat kamu lakukan dengan aplikasi ini, yaitu:

  • DirectMusic Producer dapat dipakai untuk membuat file suara (sound file), dengan menggunakan fitur interaktif DirectMusic.
  • Memuat dan memainkan suara (sound) dari file atau sumber seperti MIDI, WAV dan DirectMusic Producer run-time format.
  • Memainkan file dari beberapa sumber sekaligus, dengan timing dan instrument sets yang terpisah.
  • Secara terprogram mengirim perubahan tempo, potongan atau hal lain terkait MIDI.
  • Dengan mudah mengaplikasikan perubahan pitch, gema (reverb) dan efek-efek lain.
  • Menangkap data MIDI atau stream (mengirim atau menerima) data dari satu port ke port lain.

6. DirectSound

DirectSound dapat kamu manfaatkan untuk memainkan suara (sound) multichannel dengan resolusi yang tinggi. Pada awalnya, aplikasi ini digunakan untuk game. Saat ini, kamu dapat menggunakannya untuk memainkan file audio di banyak aplikasi audio.

Fungsi dasar dari DirectSound adalah untuk mengirim data audio ke sound card. Fungsi lainnya, kamu bisa merekam dan mixing suara atua bunyi (sound), menambahkan efek pada file suara.

Download DirectX 9 Terbaru

Download DirectX 9 Terbaru Gratis

DirectX 9

96 MB

Cara Install DirectX 9

Untuk menginstall DirectX 9, silakan ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Pastikan kamu sudah selesai mengunduh file DirectX 9 dari link yang Teknogram sediakan di atas.
  2. Buka folder Download yang ada di File Explorer (atau folder yang kamu tentukan sebelumnya).
  3. Double klik pada file DirectX 9 yang telah kamu download.
  4. Ikuti petunjuk instalasi yang ditampilkan pada layar sampai selesai.

Jangan Biarkan Aplikasimu Kadaluarsa!

Dapatkan update dari DirectX 9 secara langsung melalui E-mailmu. Kamu akan mendapatkan notifikasi dan link download lewat E-mail ketika ada versi terbaru dari DirectX 9.

Link Bermasalah?

Silakan laporkan melalui kolom di bawah ini apabila ada link download yang rusak atau bermasalah.