YouTube Akan Hadirkan Fitur ‘For You’ di Laman Channel

YouTube Akan Hadirkan Fitur ‘For You’ di Laman Channel

Sebelum 20 November, konten kreator YouTube dapat mengatur apa yang ingin ditampilkan di bagian For You, bahkan bisa menonaktifkannya.

Mulai tanggal 20 November, konten kreator YouTube bisa menampilkan bagian baru di channel-nya yang serupa dengan For You di TikTok.

YouTube memberi waktu para konten kreator untuk meninjau pengaturan dan mengaktifkan atau menonaktifkan For You sebelum fitur diluncurkan pada tanggal 20 November.

Bagian For You di YouTube akan dipersonalisasi untuk siapapun yang membuka halaman channel YouTube konten kreator.

Feed tersebut akan merekomendasikan campuran konten dari channel kreator kepada pemirsa berdasarkan riwayat tontonan.

Konten kreator dapat mengaktifkan atau menonaktifkan fitur For You di menu penyesuaian yang ada di bawah pengaturan channel.

Untuk memunculkan lebih banyak kontrol di bagian baru tersebut, pemilik channel YouTube juga bisa menekan ‘More Setting’ dan menuju ke ‘recommendations for your viewers’.

Konten kreator YouTube juga dapat memutuskan apakah mereka hanya ingin menampilkan video pendek, streaming langsung, atau video lengkap di bagian For You.

Ada pula opsi untuk menampilkan semua konten atau hanya materi terkini.

Dalam postingan di X, akun Team YouTube menulis, “Memperkenalkan bagian ‘For You’ di tab Beranda saluran Anda yang merekomendasikan campuran konten dari saluran Anda kepada pemirsa berdasarkan riwayat tontonan mereka.”

YouTube telah menguji bagian For You selama berbulan-bulan dengan pembaruan mulai tanggal 8 Agustus.

Pembaruan tersebut merinci bahwa konten kreator yang mengikuti eksperimen tidak dapat memilih untuk tidak ikut serta pada saat itu. 

Saat platform meluncurkan fitur For You secara lebih luas, konten kreator kini dapat memilih apakah mereka ingin bagian tersebut ada di channel mereka atau tidak.

Selama bertahun-tahun, YouTube juga telah memasukkan fitur-fitur yang mirip TikTok ke dalam platform-nya.

Tidak jarang, fitur adopsi YouTube dari TikTok cukup mencolok, seperti halnya fitur video Short YouTube.

Selain itu, ada pula penambahan pengeditan untuk video vertikal.

Meski demikian, cara YouTube mengadopsi fitur baru dari formula TikTok terbilang sangat cerdas.

Adanya fitur tersebut merupakan cara yang menyenangkan untuk menampilkan video yang mungkin saja dilewatkan pengguna dari beberapa channel yang sudah berjalan lebih lama.

Vivo V29 5G dan Pro 5G Akan Segera Rilis, Ini Spesifikasinya!

Vivo akan merilis dua produk terbarunya dalam waktu dekat, yaitu Vivo V29 5G dan Vivo V29 Pro 5G. Begini detail spesifikasinya.

iOS 17 Punya Fitur Live Voicemail, Begini Cara Mengaktifkannya

iPhone resmi mendapatkan fitur live voicemail pada pembaruan update iOS 17 public beta beberapa hari yang lalu. Begini cara mengaktifkannya!

Pengguna Threads Kini Bisa Hapus Post yang Muncul di Instagram & Facebook

Pengguna kini bisa memilih apakah ingin menampilkan postingan Threads di fitur carousel For You on Threads di Instagram dan Facebook atau tidak.

Samsung Galaxy Z Flip5 Resmi Meluncur, Ini Spesifikasi Barunya!

Samsung resmi merilis ponsel lipat terbarunya, yaitu Samsung Galaxy Z Flip5 dengan berbagai fitur yang semakin disempurnakan.

Resmi Rilis, Apple Hadirkan Fitur Stolen Device Protection di iOS 17.3

Fitur Stolen Device Protection akan membantu meningkatkan keamanan perangkat iPhone pengguna yang bisa didapatkan pada update iOS 17.3.

Google Akan Blokir Penginstalan Aplikasi Terlarang Lewat Android 14

Google lindungi pengguna Android dengan memblokir aplikasi terlarang melalui versi terbaru Android 14 yang akan rilis dalam waktu dekat.