android 14 hearing protections

Android 14 Bakal Hadirkan Fitur Hearing Protection, Apa Fungsinya?

Fitur hearing protection di Android 14 akan berikan peringatan saat pengguna mendengarkan musik dengan volume yang terlalu keras.

Saat mendengarkan musik menggunakan earphone atau headphone, kamu mungkin ingin menyetel volume musik dengan sangat keras agar bisa menikmati musik tersebut.

Namun, mendengarkan musik yang sangat keras untuk waktu yang lama dapat merusak kemampuan pendengaran secara permanen.

Inilah yang melatar belakangi Android untuk menghadirkan fitur Hearing Protection untuk menjaga kesehatan pendengaran para penggunanya.

Di perangkat Android, memang sudah ada fitur keamanan yang memberi tahu pengguna saat mereka menaikkan volume musik terlalu tinggi. Namun, terkadang orang cenderung mengabaikan peringatan ini.

Dilansir dari Gizchina pada 19 Agustus 2023, versi Android 14 mendatang dikabarkan akan kembali menyempurnakan fitur tersebut.

Fitur ini akan memberi tahu pengguna jika mereka telah mendengarkan musik dengan volume yang terlalu keras untuk waktu yang cukup lama.

Ketika pengguna mengaktifkan fitur ini di Android 14, ponsel akan memberi tahu pengguna jika mereka telah melewati batas waktu tertentu dalam mendengarkan musik yang sangat keras melalui headphone.

Fitur ini bekerja dengan menggunakan sesuatu yang disebut computed sound doses (CSD).

Sistem Android akan mendeteksi frekuensi suara yang berbeda untuk mengetahui seberapa keras suara tersebut dan kemungkinan suara itu mampu merusak pendengaran penggunanya.

Analisis ini juga mempertimbangkan seberapa banyak volume suara berubah dan akan diakumulasi dari waktu ke waktu untuk melihat seberapa banyak pengguna ponsel tersebut terpapar dengan suara keras selama periode 7 hari.

Nantinya, Android 14 akan memunculkan berbagai peringatan saat computed sound doses (CSD) pada ponsel telah mencapai level tertentu.

Setelah CSD mencapai batas tertentu, akan ada peringatan yang ditunjukkan pada ponsel bahwa pengguna telah mencapai batas terpapar suara keras.

Peringatan yang diberikan pun akan bervariasi, mulai dari saat CSD mencapai batas aman 1 kali hingga mencapai batas aman 5 kali dalam periode mingguan.

Saat CSD mencapai batas selama 1 hingga 4 kali, akan muncul peringatan yang berbunyi “Volume diturunkan ke tingkat yang lebih aman. Volume headphone tinggi lebih lama dari yang direkomendasikan”.

Sementara saat CSD sudah mencapai batas hingga 5 kali, peringatan yang muncul akan berbunyi “Volume diturunkan ke level yang lebih aman. Volume headphone telah melampaui batas aman untuk minggu ini”.

Samsung Galaxy S24 Series Bakal Punya Layar Sentuh yang Lebih Responsif

Jelang acara Samsung Galaxy Unpacked 2024, ada banyak detail menarik yang muncul dari S24 Series. Salah satunya respon touchscreen yang jauh lebih cepat dan halus.

TikTok Kenalkan Fitur Baru untuk Beri Label di Konten Buatan AI

Agar tak menyesatkan, TikTok mengharuskan konten AI dilabeli secara khusus. Ke depannya, konten seperti ini akan secara otomatis mendapatkan label AI.

Deretan HP Samsung Ini Dapat Update One UI 6 Lebih Awal, Apa Saja?

Daftar seri Samsung Galaxy berikut ini akan mendapat update Android 14 (One UI 6) lebih awal dalam versi beta.

Bocoran Desain iPad Air Baru Terungkap, Apa yang Beda?

Apple digadang-gadang akan merilis iPad Air model 12,9 inci yang memiliki layar yang lebih lebar dan desain kamera yang mirip produk iPhone lama.

YouTube Music Hadirkan Fitur Pengenal Lagu, Begini Cara Kerjanya!

YouTube Music rilis fitur pengenal lagu untuk bersaing dengan platform lainnya seperti Apple Music dan Spotify.

Pengguna Twitter (X) Premium Kini Bisa Sembunyikan Tab Likes

Para pengguna premium Twitter atau X kini bisa memilih opsi untuk menyembunyikan tab Likes yang menampilkan tweet yang mereka sukai.