iMessage Kini Sudah Bisa Digunakan di Windows 11

iMessage Kini Sudah Bisa Digunakan di Windows 11

Pengguna iPhone kini sudah bisa menggunakan iMessage di komputer atau laptop dengan sistem operasi Windows 11.

Belakangan ini, Microsoft dikabarkan sedang melakukan pembaruan aplikasi Phone Link pada sistem operasi (operating system/OS) Windows 11.

Dalam pembaruan tersebut, kini pengguna iPhone dapat menghubungkan ponsel mereka dengan PC/Laptop yang dijalankan oleh Windows 11.

Sebelum adanya pembaruan ini, hanya pengguna ponsel Android saja yang dapat menggunakan Phone Link dan menghubungkan ponsel dengan PC/Laptop mereka.

Phone Link sendiri berfungsi untuk melihat notifikasi, melakukan panggilan telepon, serta melihat SMS yang ada di dalam ponsel secara langsung dari PC/Laptop.

Kini untuk pertama kalinya, pengguna iPhone bisa menggunakan aplikasi SMS bawaan dari ponsel tersebut, yakni iMessage di perangkat yang dijalankan oleh Windows 11.

Umumnya, iMessage hanya bisa digunakan di dalam ekosistem Apple maupun antarperangkat buatan Apple sendiri. Maka dari itu, fitur iMessage yang terhubung di Phone Link Windows 11 ini juga sangat terbatas.

Pengguna pun tidak bisa melihat riwayat percakapan iMessage mereka sebelum iPhone nya terhubung dengan fitur Phone Link.

Hal itu dikarenakan tidak adanya fitur daftar pesan yang tersimpan. Sehingga, pengguna iPhone hanya dapat melihat pesan iMessage yang baru masuk saja, itupun selama iPhone mereka masih terhubung dengan PC Windows 11.

iMessage Kini Sudah Bisa Digunakan di Windows 11
Tampilan iMessage di Windows 11

Berbeda dengan di perangkat aslinya, pesan iMessage yang diterima via Phone Link tidak menggunakan bubble chat berwarna hijau (dari perangkat selain Apple) atau biru (dari perangkat Apple).

Pesan yang diterima maupun dikirim dari Phone Link juga diterima via Bluetooth, sebelum dikirim oleh iPhone yang terhubung menjadi iMessage.

Hal tersebut disampaikan oleh Head Consumer Marketing Microsoft, Yusuf Mehdi yang Teknogram kutip dari laman TheVerge.

“Kami mengirimkan pesan dari atau ke iPhone di Phone Link via Bluetooth. Menurut saya, Apple akan mengirimkan pesan tersebut dan menyulapnya menjadi iMessage ketika pesan tersebut diterima oleh iPhone pengguna”, ucap Mehdi.

Tidak hanya itu, pengguna iMessage di Phone Link juga tidak bisa mengirimkan gambar atau foto melalui PC/Laptop Windows 11.

Bahkan, mereka juga tidak bisa mengirimkan pesan dengan pengguna lain yang ada di dalam sebuah grup iMessage.

Namun, hal ini wajar karena sejatinya, Phone Link hanya bisa menerima atau mengirim pesan dengan format SMS, bukan MMS yang bisa dipakai untuk mengirim gambar.

Phone Link untuk iPhone ini sudah bisa digunakan secara terbatas oleh sejumlah pengguna Windows 11, terutama yang menggunakan versi Dev, Beta, atau Release Preview.

Centang Hijau Akun Terverifikasi WhatsApp Bakal Berubah Jadi Biru

Tanda verifikasi WhatsApp akan berubah dari centang hijau menjadi biru. Bukan hanya untuk saluran, akun bisnis juga bisa mendapatkan verifikasi ini!

Sony Umumkan 3 Game Gratis PlayStation Plus Periode Maret 2023

Di acara State of Play, Sony mengumumkan 3 game gratis untuk pelanggan PS Plus periode Maret 2023. Ini daftarnya!

WhatsApp Luncurkan Fitur Salin Link dari Pembaruan Saluran

Fitur salin link pesan di saluran kini sudah tersedia untuk pengguna WhatsApp beta terpilih. Fitur ini bakal hadir untuk pengguna global secara bertahap.

Threads Luncurkan Tombol Edit, Gratis untuk Semua Pengguna!

Semakin banyak fitur baru, Meta kini menambahkan fitur edit ke Threads yang dapat digunakan gratis selama batas waktu tertentu.

OpenAI Segera Luncurkan GPT Store untuk Jual Chatbot Kustom

GPT Store rencananya diluncurkan minggu depan setelah dua kali ditunda. Pengembang terdaftar bisa memonetisasi chatbot khusus buatan mereka di ChatGPT.

Vivo V29 5G dan Pro 5G Akan Segera Rilis, Ini Spesifikasinya!

Vivo akan merilis dua produk terbarunya dalam waktu dekat, yaitu Vivo V29 5G dan Vivo V29 Pro 5G. Begini detail spesifikasinya.