kuota lokal tri tidak bisa digunakan

Kenapa Kuota Lokal Tri Tidak Bisa Digunakan? Ini Solusinya!

Kuota lokal tri tidak bisa dipakai? Kenali beberapa penyebab dan solusinya berikut ini. Internetan bisa kembali lancar!

Beberapa paket internet dari Tri tidak hanya menawarkan kuota reguler, ada juga bonus kuota lainnya, seperti kuota lokal maupun kuota streaming.

Untuk bisa menggunakan kuota lokal Tri, tentunya kamu harus berada di area yang sudah ditentukan oleh Tri dan IOH.

Namun, terkadang penggunaan kuota lokal Tri juga tidak selalu mulus.

Kendala yang dihadapi biasanya kuota lokal tersebut tidak bisa dipakai.

Jika kamu sedang mengalami hal tersebut, maka kamu perlu mengetahui terlebih dahulu apa penyebabnya.

Berikut ini beberapa penyebab kenapa kuota lokal Tri tidak bisa dipakai, lengkap dengan cara mengatasinya.

Penyebab Kuota Lokal Tri Tidak Bisa Dipakai

Layaknya kuota reguler, kuota lokal Tri juga dapat digunakan selama 24 jam.

Namun, jika kuota lokal Tri milik kamu tidak bisa dipakai, maka bisa jadi penyebabnya beberapa hal berikut ini.

Berada di Lokasi yang Tidak Sesuai dengan Area

Seperti namanya, kuota lokal Tri hanya bisa digunakan sesuai dengan area yang sudah ditentukan oleh layanan jaringan Tri dan IOH.

Jika kamu berada di luar area tersebut, maka otomatis kuota lokal Tri tidak bisa digunakan.

Masalah Teknis Pada Jaringan

Terkadang, ada gangguan pada jaringan Tri yang membuat kuota lokal menjadi tidak aktif.

Biasanya, gangguan ini terjadi karena adanya pemeliharaan atau peningkatan sistem jaringan.

Kamu bisa mencoba untuk menunggu beberapa saat atau menghubungi pihak Tri untuk mengetahui status perbaikan jaringan.

Masa Aktif Habis

Layaknya kuota reguler, kuota lokal juga tidak bisa kamu gunakan jika masa aktifnya telah habis.

Untuk itu, pastikan selalu jika masa aktif kuota lokal Tri kamu masih berlaku.

Cara Mengatasi Kuota Lokal Tri Tidak Bisa Dipakai

Jika kamu sudah mengetahui penyebab kuota lokal Tri tidak bisa dipakai, maka kamu bisa mencari solusi yang tepat agar masalah tersebut bisa diatasi.

Berikut beberapa cara untuk mengatasi kuota lokal Tri yang tidak bisa dipakai

1. Cek Lokasi

Seperti yang sudah disebutkan di atas, kuota lokal Tri tidak bisa digunakan jika kamu berada di luar area yang sudah ditentukan.

Untuk memastikan apakah kuota lokal tersedia di area kamu atau tidak, kamu bisa lakukan pengecekan melalui situs resmi Tri.

Berikut caranya.

  1. Buka laman https://kuotalokal.tri.co.id/home di browser.
  2. Pada bagian kolom “Lokasi Kamu”, masukkan kota, kabupaten, atau kecamatan tempat tinggal kamu.
  3. Klik “Enter” di keyboard atau klik logo “Search” di layar.
  4. Tunggu sampai hasilnya keluar.

2. Periksa Masa Aktif

Masa aktif kuota lokal Tri bisa dicek melalui aplikasi Bima+ atau melalui kode DIAL *123#.

Jika setelah dicek masa aktif kuota lokal atau paket internet sudah habis, maka kamu bisa membeli paket lagi supaya bisa menggunakan kuota lokal Tri.

3. Hubungi Customer Service Tri

Jika lokasi kamu sudah sesuai dan masa aktif masih ada, tetap kuota lokal tetap tidak dapat digunakan, maka bisa menghubungi customer service.

Kamu bisa adukan masalah atau kendala kamu via telepon, email, atau kunjungan langsung ke 3Store.

Berikut kontak Tri Indonesia yang bisa kamu hubungi

  • Telepon: 132 (Rp 300/panggilan untuk prabayar) atau 0896 44000 123 (berbayar).
  • Email: [email protected].
  • Whatsapp: 08999800123.
  • Facebook: Tri Indonesia.
  • Twitter: @3CareIndonesia.
  • Telegram: TriIndonesiaCare.

Itulah beberapa penyebab kenapa kuota lokal Tri tidak bisa digunakan dan beberapa cara untuk mengatasinya.

Dengan mengetahui penyebab dan cara mengatasi kendala penggunaan kuota lokal Tri, kamu dapat lebih mudah mengatasi masalah yang mungkin muncul.

Iim Halimatus Sadiyah

Iim adalah lulusan S1 Ilmu Komunikasi peminatan Jurnalistik Universitas Padjajaran. Ia pernah bekerja sebagai Jurnalis media online di Jakarta dan penulis lepas untuk artikel Teknologi, mulai dari Gadget, News, hingga Social Media.

9 Cara Mengetahui Nomor Internet Indihome (ID Pelanggan)

Nomor internet atau nomor pelanggan indihome merupakan nomor unik sebanyak 12 digit yang dimiliki oleh setiap pelanggan...

Cara Tukar Poin Indosat Menjadi Kuota, Pulsa, dan Masa Aktif (2024)

Punya banyak poin indosat? Tukarkan saja menjadi paket data, pulsa, atau masa aktif dengan langkah-langkah berikut ini!

Apa itu Kuota Area XL? Ini Pengertian & Cara Menggunakannya!

Sebelum beli paket internet, pahami dulu apa itu kuota area XL, cara mendapatkan, cara menggunakan, serta penyebab kuota tidak bisa digunakan.

5 Cara Mengatasi Voucher Telkomsel Tidak Bisa Digunakan

Jika voucher telkomsel yang kamu beli tidak bisa digunakan, kamu bisa mengatasinya dengan beberapa cara yang kami...

5 Cara Mengetahui Password WiFi yang Sudah Terhubung

Saat sudah terhubung ke WiFi, terkadang kita lupa dengan password yang kita gunakan, terutama saat menggunakan mode...

Kuota Malam Smartfren: Info, Jam, & Cara Mengubahnya

Kuota malam smartfren bisa didapatkan dengan membeli berbagai macam paket internet yang ada di smartfren. Jika kamu...