Cara Transfer OVO ke DANA Lewat Permata Bank (Terbaru 2024)
Saat ini, kamu tidak perlu repot-repot lagi untuk memindahkan saldomu ke rekening bank terlebih dahulu ketika ingin melakukan transfer saldo dari OVO ke DANA.
Pasalnya, transfer ke DANA kini bisa dilakukan dengan mudah menggunakan virtual account DANA.
Prosesnya pun cukup mudah dan cepat.
Bahkan, kamu tidak perlu memiliki rekening bank terlebih dahulu untuk melakukannya.
Mau tahu caranya?
Yuk, simak panduan lengkap tentang cara transfer OVO ke DANA berikut ini!
Syarat Transfer OVO ke DANA
Sebelum melakukan transfer OVO ke DANA, kamu harus memastikan bahwa akun OVO yang kamu gunakan sudah merupakan OVO Premier.
Hal ini karena transfer dari OVO ke rekening bank atau virtual account hanya dapat dilakukan oleh level akun OVO Premier.
Upgrade ke OVO Premier pun dapat dilakukan dengan mudah dengan langkah-langkah berikut ini:
- Buka aplikasi OVO.
- Tekan tombol Upgrade di halaman utama.
- Siapkan kartu identitas dan fotomu.
- Lakukan foto dan unggah e-KTP langsung melalui aplikasi OVO.
- Isi data dirimu sesuai dengan e-KTP.
- Masukkan nama ibu kandung sebagai bentuk identifikasi kepemilikan akun OVO.
- Lakukan foto selfie.
- Jika sudah, tekan tombol Konfirmasi.
- Tunggu hingga OVO berhasil memverifikasi identitasmu.
Cara Transfer OVO ke DANA
Transfer OVO ke DANA bisa dilakukan dengan menggunakan virtual account bank, salah satunya adalah Permata Bank.
Untuk melakukannya pun kamu tidak perlu memiliki rekening Permata Bank terlebih dahulu selama kamu mengetahui kode transfer dan nomor HP yang terhubung ke akun DANA milikmu.
Berikut adalah cara transfer OVO ke DANA lewat Permata Bank:
- Buka aplikasi OVO di HP.
- Pada halaman utama aplikasi, pilih menu Transfer.
- Pilih opsi Ke Rekening Bank.
- Pilih Bank Permata sebagai Bank Tujuan.
- Masukkan kode transfer Permata dengan format 8528 diikuti dengan nomor HP yang terdaftar di akun DANA.
- Masukkan nominal saldo yang ingin kamu transfer ke DANA, lalu tekan Lanjutkan.
- Periksa kembali nomor virtual account penerima beserta nominal yang ingin kamu transfer.
- Konfirmasi dengan menekan tombol Transfer.
- Masukkan 6 digit PIN OVO untuk menyelesaikan transaksimu.
- Selesai, sekarang kamu bisa cek saldo yang masuk ke aplikasi DANA.
Biaya Transfer OVO ke DANA
Untuk transfer ke sesama pengguna, OVO memang tidak mengenakan biaya admin tambahan alias gratis.
Namun, hal tersebut tidak berlaku untuk transfer ke rekening bank lain, termasuk menggunakan virtual account DANA.
Pasalnya, sejak tanggal 12 Desember 2019, setiap transfer yang dilakukan dari OVO ke rekening bank lain dikenakan biaya sebesar Rp 2.500 per transaksinya.
Jadi, pastikan saldomu sudah mencukupi untuk melakukan transfer sekaligus dengan biaya adminnya, ya!
Limit Transfer OVO ke DANA
OVO juga memberlakukan pembatasan transaksi yang perlu kamu perhatikan sebelum melakukan transfer ke DANA.
Hal tersebut dilakukan sebagai bentuk perlindungan OVO terhadap keamanan akun penggunanya.
Untuk batas minimal transfer ke DANA adalah sebesar Rp 10.000 per transaksi.
Sementara limit maksimal jumlah transaksi dibagi menjadi 3, yakni:
- Harian: Untuk batas maksimal transaksi harian adalah sebanyak 10 kali dengan nominal transaksi Rp 10.000.000.
- Mingguan: Untuk batas maksimal transaksi mingguan adalah sebanyak 35 kali, dengan nominal transaksi maksimal Rp 15.000.000.
- Bulanan: Batas transaksinya adalah sebanyak 90 kali, dengan nominal transaksi maksimal Rp 30.000.000.
Apabila transaksi yang kamu lakukan sudah melebihi batas, maka kamu dapat mencoba melakukan transaksi kembali setelah kamu melewati waktu yang telah ditentukan.
Limit di atas juga berlaku untuk transaksi dari OVO ke e-wallet lain, misalnya dari OVO ke ShopeePay maupun OVO ke GoPay.
Cara Mengatasi Gagal Transfer OVO ke DANA
Setelah melakukan transfer, jangan lupa untuk memeriksa status transfermu apakah sudah berhasil atau belum.
Caranya, kamu dapat melihat informasi status transfermu di menu History yang terdapat pada laman utama aplikasi OVO.
Di menu ini, kamu dapat melihat status transfer, detail nomor referensi, nominal saldo yang ditransfer dan tanggal transfer dilakukan.
Status transfer sendiri terbagi menjadi 3 jenis, yaitu:
- Transaksi berhasil, menandakan bahwa saldomu telah ditransfer dengan sukses.
- Transaksi gagal, menandakan bahwa transfermu gagal diproses dan saldomu gagal dikembalikan.
- Transaksi ditunda, menandakan bahwa saldo dalam proses transfer yang membutuhkan waktu paling lambat 2 hari kerja.
Apabila status transfer yang kamu terima adalah transaksi gagal, umumnya saldo OVO akan dikembalikan secara otomatis.
Jika ada kendala, kamu bisa mengatasinya dengan meminta bantuan Customer Support OVO secara langsung melalui fitur chat di aplikasi.
Setelah terhubung, kamu bisa memberikan informasi tentang data transaksi gagal yang baru saja kamu lakukan.
Nah, itulah panduan lengkap mengenai cara transfer OVO ke DANA yang bisa kamu lakukan.
Ingat, selain langkah-langkah yang telah dijelaskan di atas, kamu juga perlu memperhatikan beberapa hal lain seperti biaya admin dan limit transaksi agar proses transfermu bisa berhasil.
Semoga bermanfaat!