OpenAI Luncurkan DALL-E 3 yang Terintegrasi dengan ChatGPT

OpenAI Luncurkan DALL-E 3 yang Terintegrasi dengan ChatGPT

OpenAI menghadirkan DALL-E 3, sebuah alat di mana seseorang dapat menghasilkan gambar hanya dengan memberi perintah pada ChatGPT.

OpenAI mengumumkan versi baru dari alat generator text to image miliknya, DALL-E 3. 

DALL-E versi terbaru yang terintegrasi dengan ChatGPT memungkinkan pengguna untuk mendapatkan banyak opsi dalam mengubah teks menjadi gambar.

Sebelumnya, ada beberapa malfungsi yang dilakukan DALL-E 2, contohnya pengabaian kata-kata tertentu yang membuat hasil generate kurang sesuai.

Pada versi terbaru, peneliti OpenAI mengatakan bahwa teknologinya mampu memahami kontes yang diminta dengan lebih baik.

Karena telah terintegrasi dengan ChatGPT, pengguna DALL-E 3 tidak perlu membuat perintah detail untuk mendapatkan hasil yang diinginkan. 

Para pengguna cukup memberikan perintah singkat pada ChatGPT dan selanjutnya chatbot akan menulis sebuah paragraf untuk diikuti oleh DALL-E 3.

Peneliti utama sekaligus tim DALL-E, Aditya Ramesh berkata, “Anda tidak perlu khawatir harus repot dengan perintah yang sangat panjang,” katanya.

Ia menambahkan, “Sebaliknya, Anda dapat berinteraksi dengan ChatGPT seolah-olah Anda sedang berbicara dengan rekan kerja.”

Integrasi dengan ChatGPT bukan satu-satunya hal baru pada DALL-E 3. 

Kecerdasan buatan ini mampu menghasilkan gambar dengan kualitas tinggi, terutama saat mendapatkan perintah yang spesifik. 

DALL-E 3 diciptakan dengan keamanan yang kuat, sehingga pembuatan gambar-gambar yang menimbulkan kebencian sampai gambar tidak senonoh bisa dicegah.

Dilansir dari The Verge, pihak OpenAI mengatakan bahwa DALL-E 3 dilatih untuk menolak menghasilkan gambar dengan gaya seniman yang masih hidup.

Ini merupakan peningkatan dari DALL-E 2 yang bisa meniru gaya seniman tertentu. 

DALL-E 3 juga tidak akan membuat ulang gambar tokoh masyarakat, ketika perintah dibuat secara spesifik dengan menyebutkan sebuah nama.

OpenAI meluncurkan DALL-E pada Januari 2021 sebelum adanya art generator yang diciptakan oleh Stability AI dan Midjourney. 

Setahun kemudian, DALL-E 2 dirilis.

DALL-E 3 rencananya akan dirilis pada bulan Oktober mendatang khusus untuk pengguna ChatGPT Plus dan ChatGPT Enterprise.

Artinya, teknologi ini hanya tersedia untuk pengguna premium alias berbayar.

OpenAI tidak menyebutkan kapan atau apakah versi gratisnya akan tersedia untuk publik, seperti DALL-E versi sebelumnya.

Perilisan DALL-E 3 dilakukan saat teknologi AI khususnya text to image tengah memanas, di mana pesaing tengah menyempurnakan modelnya masing-masing.

Hal ini memberikan tekanan pada OpenAI untuk tetap berada di tingkat teratas.

Bing Image Creator: Pembuat Gambar AI Milik Microsoft Resmi Dirilis!

Microsoft resmi meluncurkan alat pembuat gambar berbasis AI yang bernama Bing Image Creator. AI makin mendominasi!

Adobe Kenalkan 3 Model AI Generatif Baru di Adobe Max 2023

Ada 3 model baru bertenaga AI yang dikenalkan Adobe. Photoshop, Express, dan Ilustrator kini punya fitur yang lebih canggih.

YouTube Rilis YouTube Create, Aplikasi Edit Video dengan Fitur AI

YouTube menghadirkan YouTube Create dengan banyak fitur, sehingga konten kreator tidak perlu aplikasi lain untuk mengedit videonya.

Samsung Galaxy Z Flip5 Resmi Meluncur, Ini Spesifikasi Barunya!

Samsung resmi merilis ponsel lipat terbarunya, yaitu Samsung Galaxy Z Flip5 dengan berbagai fitur yang semakin disempurnakan.

Apple Watch Series 9 dan Ultra 2 Akan Segera Rilis, Apa yang Baru?

Apple Watch Series 9 dan Watch Ultra 2 akan dirilis pada event Wonderlust bulan ini dan menggunakan senor detak jantung baru.

Adobe Luncurkan Photoshop Versi Web yang Dilengkapi Tools AI

Photoshop versi web yang dilengkapi dengan tools AI dari Firefly hadir untuk pengguna berbayar. Begini penampakannya.