Kenapa Kuota Lokal Tri Tidak Bisa Digunakan? Ini Solusinya!
Beberapa paket internet dari Tri tidak hanya menawarkan kuota reguler, ada juga bonus kuota lainnya, seperti kuota lokal maupun kuota streaming.
Untuk bisa menggunakan kuota lokal Tri, tentunya kamu harus berada di area yang sudah ditentukan oleh Tri dan IOH.
Namun, terkadang penggunaan kuota lokal Tri juga tidak selalu mulus.
Kendala yang dihadapi biasanya kuota lokal tersebut tidak bisa dipakai.
Jika kamu sedang mengalami hal tersebut, maka kamu perlu mengetahui terlebih dahulu apa penyebabnya.
Berikut ini beberapa penyebab kenapa kuota lokal Tri tidak bisa dipakai, lengkap dengan cara mengatasinya.
Penyebab Kuota Lokal Tri Tidak Bisa Dipakai
Layaknya kuota reguler, kuota lokal Tri juga dapat digunakan selama 24 jam.
Namun, jika kuota lokal Tri milik kamu tidak bisa dipakai, maka bisa jadi penyebabnya beberapa hal berikut ini.
Berada di Lokasi yang Tidak Sesuai dengan Area
Seperti namanya, kuota lokal Tri hanya bisa digunakan sesuai dengan area yang sudah ditentukan oleh layanan jaringan Tri dan IOH.
Jika kamu berada di luar area tersebut, maka otomatis kuota lokal Tri tidak bisa digunakan.
Masalah Teknis Pada Jaringan
Terkadang, ada gangguan pada jaringan Tri yang membuat kuota lokal menjadi tidak aktif.
Biasanya, gangguan ini terjadi karena adanya pemeliharaan atau peningkatan sistem jaringan.
Kamu bisa mencoba untuk menunggu beberapa saat atau menghubungi pihak Tri untuk mengetahui status perbaikan jaringan.
Masa Aktif Habis
Layaknya kuota reguler, kuota lokal juga tidak bisa kamu gunakan jika masa aktifnya telah habis.
Untuk itu, pastikan selalu jika masa aktif kuota lokal Tri kamu masih berlaku.
Cara Mengatasi Kuota Lokal Tri Tidak Bisa Dipakai
Jika kamu sudah mengetahui penyebab kuota lokal Tri tidak bisa dipakai, maka kamu bisa mencari solusi yang tepat agar masalah tersebut bisa diatasi.
Berikut beberapa cara untuk mengatasi kuota lokal Tri yang tidak bisa dipakai
1. Cek Lokasi
Seperti yang sudah disebutkan di atas, kuota lokal Tri tidak bisa digunakan jika kamu berada di luar area yang sudah ditentukan.
Untuk memastikan apakah kuota lokal tersedia di area kamu atau tidak, kamu bisa lakukan pengecekan melalui situs resmi Tri.
Berikut caranya.
- Buka laman https://kuotalokal.tri.co.id/home di browser.
- Pada bagian kolom “Lokasi Kamu”, masukkan kota, kabupaten, atau kecamatan tempat tinggal kamu.
- Klik “Enter” di keyboard atau klik logo “Search” di layar.
- Tunggu sampai hasilnya keluar.
2. Periksa Masa Aktif
Masa aktif kuota lokal Tri bisa dicek melalui aplikasi Bima+ atau melalui kode DIAL *123#.
Jika setelah dicek masa aktif kuota lokal atau paket internet sudah habis, maka kamu bisa membeli paket lagi supaya bisa menggunakan kuota lokal Tri.
3. Hubungi Customer Service Tri
Jika lokasi kamu sudah sesuai dan masa aktif masih ada, tetap kuota lokal tetap tidak dapat digunakan, maka bisa menghubungi customer service.
Kamu bisa adukan masalah atau kendala kamu via telepon, email, atau kunjungan langsung ke 3Store.
Berikut kontak Tri Indonesia yang bisa kamu hubungi
- Telepon: 132 (Rp 300/panggilan untuk prabayar) atau 0896 44000 123 (berbayar).
- Email: [email protected].
- Whatsapp: 08999800123.
- Facebook: Tri Indonesia.
- Twitter: @3CareIndonesia.
- Telegram: TriIndonesiaCare.
Itulah beberapa penyebab kenapa kuota lokal Tri tidak bisa digunakan dan beberapa cara untuk mengatasinya.
Dengan mengetahui penyebab dan cara mengatasi kendala penggunaan kuota lokal Tri, kamu dapat lebih mudah mengatasi masalah yang mungkin muncul.