Oracle

Apa itu Oracle?

Oracle adalah produk buatan dari Oracle Corporation yang memakai program basis data RDBMS (Relational Database Management System).

Oracle database merupakan sebuah database berskala besar yang berfungsi sebagai penghubung antar blockchain (sistem penyimpanan data) di mana kamu bisa bertukar data dengan orang lain yang telah diberikan hak akses.

Oracle memiliki sistem yang terpusat pada satu titik dan oracle mampu memfasilitasi pertukaran data antara jaringan blokchain tersebut dengan data di luar blockchain itu sendiri.

Seperti sistem RDBMS pada umumnya, Oracle memakai SQL atau structure query language sebagai bahasa pemrogramannya agar dapat dioperasikan. 

Fungsi Oracle

Pada dasarnya Oracle memiliki fungsi untuk mempermudah identifikasi data.

Kamu bisa memakai oracle database untuk mengelompokkan data secara spesifik sehingga kamu dapat dengan mudah melakukan klasifikasi data cepat menemukannya tanpa perlu mencari satu per satu.

Hal ini karena data tersebut sudah dikelompokkan sesuai dengan jenisnya.

Tentunya, pengelompokan data dengan Oracle database ini akan menghemat waktumu sehingga akan jauh lebih efisien.

Fungsi kedua dari Oracle adalah untuk menghindari data yang tersimpan secara double sehingga tidak ada duplikat data yang memenuhi ruang penyimpananmu.

Oracle akan secara otomatis mendeteksi data-data yang sama dalam database dan hanya menyisakan satu data asli dan membuang data kembar lainnya yang tidak dibutuhkan.

Ketiga, Oracle amat mendukung fungsi privasi data dimana kamu bisa melakukan perubahan pengaturan akses data dan menyortir siapa saja yang bisa mengakses database tersebut.

Selain itu, kamu juga bisa mengunci database agar tak sembarangan diakses oleh orang asing.

Keempat, data yang ada dalam Oracle database akan tersimpan secara permanen dan tidak akan hilang jika kamu tidak menghapusnya secara manual.

Jika kamu memerlukan data tersebut sewaktu-waktu, kamu bisa mencarinya di database tanpa terbatas ruang dan waktu atau kamu bisa membuka database kapan saja dan dimana saja.

Terakhir, Oracle database memiliki sistem keamanan yang terpercaya karena dapat menjaga data yang tersimpan di dalamnya.

Dari segi keamanan, Oracle database cukup handal sehingga banyak sistem perbankan yang menggunakan jens database ini untuk melindungi data perusahaan mereka.

Kelebihan Oracle

Salah satu kelebihan Oracle database adalah bisa diakses di banyak perangkat dengan berbagai jenis sistem operasi seperti Android, Windows, Linux, bahkan iOS.

Hal ini akan sangat memudahkan pengguna karena semua bisa memakainya tanpa ada gangguan dari perbedaan sistem operasi yang tidak kompatibel.

Kekurangan Oracle

Namun demikian Oracle database juga memiliki kekurangan, di antaranya adalah:

1. Membutuhkan Spesifikasi Hardware yang Tinggi 

Oracle database termasuk salah satu database yang membutuhkan spesifikasi perangkat keras tinggi agar kinerja database semakin mulus.

Sebaliknya, jika spek perangkatmu di bawah standar, akses database juga akan terpengaruh dan mengalami sedikit kendala.

2. Harga Oracle Cukup Mahal 

Mengingat Oracle adalah jenis database yang tergolong premium, maka tak heran jika harga implementasi oracle database cukup mahal.

Hal ini karena Oracle memang didesain untuk mendukung sistem bases data pada perusahaan berskala besar.

Kutip Istilah Ini 👇

Verdianto, Dwi Arizki. 2022. “Oracle - Pengertian, Fungsi, Kelebihan dan Kekurangannya”. Teknogram. Diakses 3 November 2022. https://teknogram.id/kamus/oracle/

Berhasil Disalin