Jika voucher telkomsel yang kamu beli tidak bisa digunakan, kamu bisa mengatasinya dengan beberapa cara yang kami jelaskan di bawah ini.
Kami sudah merangkum beberapa solusi untuk mengaktifkan voucher telkomsel berdasarkan error yang muncul.
Namun, sebelum mencoba langkah-langkah di bawah ini, pastikan voucher yang kamu beli belum kadaluarsa atau masih dalam masa berlakunya.
Langsung saja, simak penjelasan lengkapnya berikut ini.
Penyebab Voucher Telkomsel Tidak Bisa Digunakan
Voucher telkomsel yang tidak bisa digunakan biasanya disebabkan oleh beberapa hal, misalnya seperti kesalahan sistem, perbedaan regional, kesalahan input nomor, dan sebagainya.
Penyebab ini biasanya akan ditampilkan di layar HP kamu saat sedang melakukan pengisian voucher.
Beberapa penyebab umum yang biasanya terjadi di antaranya adalah sebagai berikut:
- Salah memasukkan format atau kode voucher.
- Masalah pada jaringan, seperti sinyal yang jelek, gangguan operator, dll.
- Voucher beda regional, biasanya ditandai dengan pesan “Maaf, voucher tidak dapat digunakan di regional Anda”.
- Kesalahan sistem, biasanya muncul pesan “Maaf sistem sedang sibuk”
Cara Mengatasi Voucher Telkomsel yang Tidak Bisa Digunakan
Berikut adalah beberapa cara mengatasi voucher telkomsel yang tidak dapat digunakan berdasarkan penyebabnya.
Voucher Tidak Masuk
Jika pulsa atau kuota dari voucher telkomsel tidak masuk, ada kemungkinan kamu memasukkan kode yang salah.
Silakan cek ulang satu per satu, mulai dari kode USSD sampai dengan kode vouchernya.
Kode untuk mengaktifkan voucher telkomsel adalah *133*Kode_Voucher#
.
Pastikan kamu memasukkan Kode_Voucher
sesuai dengan angka yang ada pada kemasan voucher yang kamu beli.
Voucher Telkomsel Beda Regional
Jika kamu membeli voucher telkomsel di lokasi yang berbeda dengan lokasi saat kamu mengaktifkannya, maka akan muncul pesan error “Maaf, voucher tidak dapat digunakan di regional Anda”.
Dalam kemasan voucher, biasanya akan dicantumkan informasi regional atau wilayah yang bisa digunakan.
Untuk mengatasi voucher telkomsel yang beda regional, kamu harus mengaktifkan voucher tersebut di lokasi yang sesuai dengan regional yang tertera pada kemasan.
Misalnya, jika regional yang tertera adalah Jawa Timur, maka kamu harus mengaktifkannya di daerah Jawa Timur juga.
Alternatifnya, kamu harus mengembalikannya kepada penjual dan menukarkannya dengan voucher yang sesuai regional tempat tinggalmu saat ini.
Maaf Sistem Sedang Sibuk
Jika kamu mendapatkan pesan error “Maaf, sistem sedang sibuk”, kamu bisa mengatasinya dengan mencoba lagi beberapa jam kemudian.
Jika setelah beberapa jam voucher juga masih tidak bisa digunakan, kamu bisa hubungi customer service telkomsel di nomor 188.
Silakan kamu sampaikan kepada mereka bahwa voucher telkomsel yang kamu miliki saat ini tidak bisa diaktifkan karena sistem sedang sibuk/error.
Dan perlu kamu ingat, saat menghubungi 188, kamu akan dikenakan tarif 300 per menitnya. Jadi, pastikan kamu memiliki sisa pulsa yang mencukupi.
Error Tidak Terdaftar Pada Jaringan
Masalah lain yang bisa muncul adalah adanya error pada jaringan telkomsel.
Error seperti ini biasanya ditandai dengan munculnya pesan “Tidak Terdaftar Pada Jaringan” atau “Masalah Sambungan atau Kode MMI Tidak Valid”.
Untuk mengatasinya, kamu bisa lakukan beberapa hal berikut ini:
- Coba aktifkan mode pesawat selama beberapa menit, kemudian matikan
- Ganti mode jaringan HP dari 4G ke 3G
- Restart HP
Voucher Telah Dipakai
Kemungkinan lain yang bisa menyebabkan voucher telkomsel tidak bisa digunakan adalah karena voucher tersebut sudah dipakai.
Bisa jadi, kamu sudah memakainya sendiri tapi lupa. Atau bisa juga karena kesalahan dari penjual.
Untuk mengecek apakah voucher sudah diapaki atau belum, kamu bisa gunakan cara di bawah ini.
Cara Cek Voucher Telkomsel Sudah Dipakai Atau Belum
- Buka aplikasi Panggilan/Call
- Hubungi
*123*12_DIGIT_PERTAMA_NOMOR_VOUCHER#
- Ganti 12_DIGIT_PERTAMA_NOMOR_VOUCHER dengan nomor voucher yang kamu beli tanpa nomor di 3 digit paling belakang, misalnya jika nomor vouchermu adalah
912123456789456
, maka cukup masukkan912123456789
- Tekan tombol Hubungi/Call
- Perhatikan pesan yang muncul di layar
Jika yang muncul adalah pesan “Maaf Voucher tidak dapat digunakan karena telah terpakai”, berarti voucher tersebut sudah pernah digunakan.
Jika ternyata sudah terpakai, kamu bisa cek apakah ada pulsa/kuota masuk karena kamu telah memakai voucher tersebut sebelumnya.
Atau… kamu bisa minta si penjual untuk mengecek apakah ada kesalahan dalam voucher tersebut.
Nah, itulah beberapa cara mengatasi voucher telkomsel yang tidak bisa digunakan beserta penyebab yang sering terjadi.
Silakan kamu sesuaikan solusi yang di atas dengan pesan yang muncul di layar saat kamu memasukkan kode voucher telkomsel.
Jika masih belum berhasil juga, kami sarankan untuk menghubungi customer service telkomsel saja di nomor 188.
Semoga bermanfaat.