Data: Android 11 Ternyata Masih Mendominasi Pangsa Pasar Mobile

Data: Android 11 Ternyata Masih Mendominasi Pangsa Pasar Mobile

Google merilis data yang menunjukkan bahwa Android 11 masih menguasai tingkat adopsi Android dengan pangsa pasar sekitar 23,1%.

Google baru-baru ini merilis diagram lingkaran adopsi Android, yang memberikan gambaran tentang seberapa banyak pengguna Android mengadopsi versi sistem operasi terbaru.

Menurut data dari Google, tingkat adopsi Android 13 saat ini adalah 15%. Meskipun angka ini signifikan, Android 11 masih menjadi versi yang paling banyak digunakan.

Diagram ini didasarkan pada data yang diperoleh dari akses ke Google Play dan disajikan secara rutin.

Diagram lingkaran ini memberikan informasi berharga bagi pengembang Android dan pengguna yang ingin mengetahui tingkat adopsi versi terbaru dari sistem operasi ini. 

Data dari diagram tersebut menunjukkan bahwa tingkat adopsi Android 10 saat ini adalah 17,8%, menempati posisi kedua setelah Android 11.

Hal ini menunjukkan bahwa hanya sebagian kecil perangkat Android yang menjalankan versi terbaru dari sistem operasi. 

Menariknya, tingkat adopsi Android 10 lebih tinggi dari Android 12 pada periode yang sama tahun lalu.

Pada tanggal 30 Mei 2023, Android Studio, platform pengembangan resmi untuk Android, memperbarui diagram persebaran market-share Android.

diagram market share android

Dalam pembaruan tersebut, terlihat bahwa tingkat adopsi Android 13 meningkat dari 12,1% (data April) menjadi 14,7% (data Juni). 

Sementara itu, tingkat adopsi Android 12, Android 11, dan Android 10 mengalami sedikit penurunan.

Meskipun demikian, Android 11 masih mendominasi dengan pangsa 23,1%. 

Android 8.0 Oreo juga mengalami peningkatan dari 6,7% (data April) menjadi 8,3% (data Juni).

Google menghadapi beberapa tantangan dalam meningkatkan tingkat adopsi Android, seperti fragmentasi perangkat dan lambatnya peluncuran pembaruan oleh produsen. 

Fragmentasi ini terjadi karena Android digunakan oleh berbagai merek dan model perangkat, sedangkan pembaruan sistem operasi harus disebarkan oleh produsen perangkat. 

Hal ini menyebabkan beberapa perangkat tidak mendapatkan pembaruan dalam waktu yang lama setelah dirilis oleh Google.

Diagram adopsi Android yang dirilis oleh Google diperbarui setiap enam bulan hingga satu tahun dan ditujukan untuk pengembang Android.

Informasi adopsi versi Android juga telah disertakan dalam Android Studio, platform pengembangan yang digunakan oleh pengembang Android. 

Meskipun menghadapi tantangan dalam hal adopsi, Android 13 hadir dengan berbagai fitur dan peningkatan baru yang dapat memberikan manfaat bagi pengguna Android.

Beberapa fitur menonjol yang ditawarkan oleh Android 13 antara lain ikon bertema otomatis, lebih banyak opsi tema Material You, penyiapan jam layar kunci alternatif, dukungan Bluetooth LE Audio asli, dan peningkatan dukungan untuk tablet dan perangkat dengan layar besar. 

Android 13 juga fokus pada aspek privasi dan keamanan, untuk menjaga privasi pengguna.

Adopsi Android 13 saat ini mencapai 15%, mengalami peningkatan yang signifikan dibandingkan dengan Android 12 pada periode yang sama tahun lalu. 

Meskipun Google menghadapi tantangan dalam meningkatkan adopsi Android, fitur-fitur baru dalam Android 13 diharapkan dapat mendorong pengguna untuk beralih ke versi terbaru.

Dengan demikian, diharapkan akan ada lebih banyak pengguna Android yang akan menggunakan Android 13 seiring berjalannya waktu.

Bocoran Fitur iOS 17: Ada Update Lock Screen hingga Control Center!

Bocoran fitur baru iOS 17 telah ramai beredar di media sosial. Apple diklaim akan menghadirkan fitur baru yang tidak diperkirakan sebelumnya!

Apple Music Replay 2023 Kini Hadir dengan Tampilan Lebih Segar

Apple Music Replay tahun ini menampilkan Highlight Reel yang dipersonalisasi dengan palet warna yang lebih gelap dan animasi baru.

Gelar Event Booyah Ramadhan, Free Fire Usung Tema Mabar Tahu Waktu

Free Fire mengadakan event Booyah Ramadhan dan berkolaborasi dengan Habib Jafar dengan tema Mabar Tahu Waktu.

Threads Hampir Capai 100 Juta Pengguna Aktif per Bulan!

Mark Zuckerberg optimis Threads bisa capai 1 miliar pengguna dalam beberapa tahun melihat pengguna aktif per bulan sudah hampir 100 juta.

YouTube Rilis YouTube Create, Aplikasi Edit Video dengan Fitur AI

YouTube menghadirkan YouTube Create dengan banyak fitur, sehingga konten kreator tidak perlu aplikasi lain untuk mengedit videonya.

Xiaomi 14 Akan Rilis Sebentar Lagi, Ini Bocoran Spesifikasinya!

Xiaomi 14 diperkirakan akan hadir di akhir tahun 2023 atau awal tahun 2024. Ini bocoran harga dan spesifikasinya.