Android 14 Beta 1 Resmi Diluncurkan, Ini Daftar HP yang Kebagian!

Android 14 Beta 1 Resmi Diluncurkan, Ini Daftar HP yang Kebagian!

Google secara resmi telah meluncurkan program Android 14 Beta. Berikut daftar lengkap smartphone yang bisa mencobanya.

Google akhirnya resmi merilis sistem operasi (OS) mobile terbarunya, yakni Android 14.

Meskipun begitu, sistem operasi yang dirilis ini hanya dapat digunakan pada smartphone Google Pixel tertentu saja dan masih dalam tahap pengujian (beta) sehingga belum sepenuhnya stabil.

Perangkat yang dikabarkan akan kebagian OS baru ini adalah Google Pixel 4a series hingga Pixel 7 Pro.

Berikut adalah daftar lengkapnya:

  • Pixel 4a 5G
  • Pixel 5
  • Pixel 5a
  • Pixel 6
  • Pixel 6 Pro
  • Pixel 6a
  • Pixel 7
  • Pixel 7 Pro

Karena masih versi beta, Android 14 berarti masih dalam tahap pengujian dan belum dirilis secara resmi untuk perangkat Android.

Oleh karena itu, disarankan bagi pengguna yang ingin mencoba fitur baru di Android 14 untuk menunggu perilisan versi stabilnya.

Kedepannya, Google berencana untuk memperluas program beta ke perangkat lain pada bulan Mei mendatang.

Selanjutnya, Google juga berencana untuk merilis Android 14 versi beta lagi pada bulan Juni hingga Juli yang akan datang.

Versi ini diharapkan memiliki stabilitas sistem yang lebih baik dibandingkan dengan versi sebelumnya.

Mulai dari bulan Agustus dan seterusnya, Google juga mengumumkan akan merilis Android 14 dalam versi stabil untuk semua pengguna Android.

Berita baiknya, pengguna yang sedang menggunakan program Android 13 QPR3 Beta dapat dengan mudah beralih ke Android 14 Beta 1 tanpa perlu menghapus data di smartphone mereka.

Namun, perlu diingat bahwa untuk perilisan selanjutnya, pengguna mungkin akan diharuskan untuk menghapus semua data pada perangkat Pixel ketika beralih dari QPR3 Beta ke program Android 14 Beta.

Bocoran Fitur Android 14

Salah satu fitur yang akan hadir di Android 14 adalah adanya fitur “Material You” yang juga sudah ada di Android 13, serta adanya Health Connect untuk memantau kesehatan dan aktivitas olahraga pada berbagai perangkat yang berbeda.

Selanjutnya, fitur yang akan hadir di Android 14 adalah konektivitas satelit yang mirip dengan iPhone 14 series.

Namun, belum ada informasi lebih lanjut apakah fitur tersebut akan tersedia secara gratis atau tidak, karena fitur Emergency SOS di iPhone 14 hanya gratis selama dua tahun.

Selain itu, Android 14 juga akan membawa gestur navigasi baru yang bertujuan untuk meningkatkan dan mempermudah penggunaan sejumlah gestur untuk berpindah dari satu aplikasi ke aplikasi lainnya.

Fitur baru lainnya adalah kemampuan sistem untuk secara otomatis menyimpan file media seperti foto atau video ke galeri foto, serta peningkatan keamanan dan privasi pengguna.

Android 14 akan memperkenalkan opsi untuk memilih izin akses media yang lebih detail untuk setiap aplikasi, sehingga pengguna dapat meminta izin akses yang lebih spesifik pada setiap aplikasi yang diinginkan.

Fitur tersebut memberikan kontrol yang lebih besar kepada pengguna untuk memilih apakah mereka ingin membagikan akses informasi sensitif kepada aplikasi atau tidak, sehingga  privasi dan keamanan data pengguna tetap terjaga.

PUBG Kolaborasi dengan Bentley Motors, Apa yang Dibuat?

PUBG Mobile dan Bentley Motors berkolaborasi dengan tujuan membawa pemain ke dunia yang mendebarkan. Seperti apa itu?

Samsung Akan Rilis Tablet Foldable Bernama Galaxy Z Fold Tab

Tablet foldable dari Samsung dikabarkan akan hadir dengan desain yang tipis dan ringkas, namun tetap kokoh dan kuat.

Pengguna Threads Kini Bisa Hapus Post yang Muncul di Instagram & Facebook

Pengguna kini bisa memilih apakah ingin menampilkan postingan Threads di fitur carousel For You on Threads di Instagram dan Facebook atau tidak.

Android 14 Tambah Fitur Privasi Baru untuk Screen Recording

Android 14 menambahkan fitur baru untuk aplikasi Screen Recording. Fitur ini khusus dibuat untuk menjaga privasi dari pengguna.

Windows 11 Kini Mendukung Lebih Banyak Tipe Prosesor, Apa Saja?

Microsoft mengumumkan pembaruan sistem operasi di Windows 11. Pembaruan tersebut membuat dukungan prosesor di Windows 11 menjadi lebih luas.

Tecno Spark 20 Pro+ Bakal Rilis Januari 2024, Punya Kamera 108 MP!

Dibandingkan pendahulunya, Spark 20 Pro+ akan menampilkan pembaruan pada layar, desain modul kamera belakang, hingga desain body secara keseluruhan.