
Spotify Hadir dengan Tampilan Baru, Mirip TikTok dan YouTube?
Dikenal sebagai aplikasi streaming untuk mendengarkan musik, kini Spotify hadir dengan tampilan dan fitur baru.
Banyak yang mengatakan bahwa tampilan baru pada Spotify ini mirip dengan tiga media sosial ini, yaitu Instagram, YouTube, dan Instagram.
Dikutip Teknogram dari newsletter Spotify pada Kamis (9/3/2023), pihak Spotify sendiri ingin mempermudah pengguna setianya untuk menemukan hal-hal baru yang bisa didengarkan dan ditonton.
“Mulai hari ini, saat Anda membuka ‘Home’ di aplikasi Spotify, Anda akan menemukan lagu, podcast, dan audiobooks yang telah dipersonalisasi serta cuplikan terpilih yang dapat Anda nikmati”, tulis Spotify.
Berikut adalah cuplikan dari fitur tampilan terbaru Spotify:
Trek musik yang muncul bukan lagi berbentuk kotak persegi, melainkan memanjang vertikal. Sekilas mirip dengan tampilan pada laman For You (TikTok) ataupun Reels (Instagram).
Perubahan tampilan ini memungkinkan pengguna mencari konten yang ingin didengar dengan cara menggulir layar (swipe) dari bawah ke atas.
Selain itu, ketika pengguna membuka halaman “Music” pada Home, lalu menggulir layar untuk mencari konten, maka Spotify akan menyajikan musik yang disertai dengan cuplikan video.
Kemudian, pengguna juga dapat melihat cuplikan podcast yang diunggah dalam bentuk video pada halaman “Podcast & Shows”.
Tidak hanya itu, tersedia konten bernama “Audiobooks” yang akan menampilkan cuplikan berupa cover konten yang disertai potongan suara.
Namun, “Audiobooks” baru hadir secara terbatas di beberapa negara seperti Amerika Serikat, Selandia Baru, Inggris, Irlandia, dan Australia.
Halaman pencarian atau Search juga diperbarui, di mana pengguna bisa menggulir layar dari bawah ke atas untuk mencari cuplikan trek favorit.
Resolusi yang dimiliki Spotify pada tampilan baru ini hingga rasio 9:16.
Cuplikan lagu yang muncul juga bisa disimpan dan dimasukkan ke playlist oleh pengguna.
Dan memungkinkan pengguna untuk mem-follow akun penyanyi serta membagikannya ke pengguna lain.
“Anda akan melihat banyak berbagai macam konten interaktif. Anda akan melihat cuplikan yang mungkin sangat interaktif, (konten) itu telah direkomendasikan untuk Anda, dan dimungkinkan untuk melihat visual tambahan, seperti cuplikan, video, yang diunggah kreator”, ujar CEO Spotify Daniel Ek dikutip dari CBS News pada Kamis (9/3/2023).
Sebelumnya, Spotify sudah memperbarui aplikasinya dengan fitur bernama “DJ” yang mengandalkan teknologi kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI).
Fitur DJ pada Spotify memungkinkan sistem secara otomatis merekomendasikan lagu baru ke dalam playlist dan menyesuaikan genre lagu yang biasanya diputar.