Instagram Mulai Selipkan Lebih Banyak Iklan pada Feed Penggunanya

Instagram Mulai Selipkan Lebih Banyak Iklan pada Feed Penggunanya

Instagram kini mulai menambahkan lebih banyak iklan di aplikasinya, termasuk di laman Feed, Explore, hingga profil pengguna.

Belakangan ini, ketika kita sedang membuka Instagram, akan mulai tampak banyak iklan di laman beranda, reels, hasil pencarian, bahkan profil.

Hal ini dikonfirmasi oleh pihak Instagram melalui laman blog resminya, bahwa aplikasi di bawah naungan Meta ini akan menyelipkan lebih banyak iklan pada feed yang muncul.

Secara samar, pihak Instagram juga mengungkapkan alasan diselipkannya iklan-iklan ini supaya lebih mudah untuk menjangkau orang yang secara aktif mencari bisnis, produk, dan konten.

Menurut informasi dari laman The Verge yang Teknogram kutip pada Rabu (22/3/2023), juru Bicara Instagram Shenny Barboza juga menyatakan bahwa “Iklan akan muncul untuk istilah pencarian yang termasuk dalam  pedoman komunitas dan rekomendasi kami.”

Bisa dibilang, iklan pada Instagram ini berpotensi dapat muncul di semua penelusuran yang memenuhi kriteria tersebut.

Kini, fitur iklan pada feed Instagram tersebut masih dalam tahap pengujian, namun pihak Instagram berencana meluncurkan secara global dalam beberapa bulan mendatang.

Selain akan lebih banyak iklan di hasil pencarian, Instagram juga menghadirkan fitur terbaru yang bernama Ads Reminder.

Dengan mengaktifkan fitur Ads Reminder, pengguna akan mendapatkan push notification yang berfungsi untuk mengingatkan pengguna mengenai acara mendatang atau tanggal penting.

Sesuai dengan namanya, push notification dari fitur Ads Reminder ini memiliki unsur iklan di dalamnya.

Sebagai contoh, pengingat disematkan ke dalam iklan mengenai pemutaran perdana serial The Walking Dead.

Setelah pengguna mengklik opsi “Ingatkan Saya”, memungkinkan pengguna ikut serta ke pengingat, yang nantinya akan diingatkan satu hari sebelum acara, 15 menit sebelumnya, atau pada waktu dimulai.

Instagram sendiri hanya menambahkan lebih banyak iklan selama bertahun-tahun, dan kini iklan-iklan tersebut sudah mengisi halaman Explore, Reels, Feed, Story, serta profil pengguna.

Sebelum memasang iklan di berbagai laman aplikasi, Instagram juga melakukan beberapa pembaruan guna untuk menambah kenyamanan kepada para penggunanya.

Beberapa pembaruannya antara lain alat verifikasi usia, verifikasi (centang biru) berbayar, fitur Channel, dan masih banyak lagi.

Instagram juga menghapus beberapa fitur yang ada di dalam aplikasinya seperti Live Shopping dan Non Fungible Token (NFT).

Fitur Edit Pesan di WhatsApp Akan Segera Dirilis!

Apple Luncurkan iOS 16.3 Minggu Depan, Hadirkan Perbaikan Bug dan Fitur Baru

Twitter Akan Kenakan Biaya untuk Metode 2FA Berbasis SMS

Oppo Find N2 Flip Kini Punya Widget Spotify dan Speech to Text

Bocoran Tampilan Vivo X Flip Muncul, Mirip Samsung Galaxy Z Flip?

Twitter API Sudah Tidak Gratis Lagi, Berapa Biayanya?

Xiaomi Luncurkan Redmi Buds 4 dan Buds 4 Pro di Indonesia

Apple Pertimbangkan untuk Rilis iPhone Ultra di Tahun 2024