Gmail Jadikan Tampilan Baru Sebagai Standar Antarmuka Pengguna

Pengguna kini sudah tidak bisa lagi menggunakan tampilan Gmail versi lama dan dipaksa untuk menggunakan tampilan terbarunya.

Suharyanto
Gmail Jadikan Tampilan Baru Sebagai Standar Antarmuka Pengguna

Google secara resmi mengumumkan bahwa mereka telah meluncurkan Gmail dengan tampilan yang baru bagi para penggunanya.

Pihak Google pertama kali memperkenalkan Gmail dengan tamplian barunya pada awal tahun ini, yang mana masih memberikan keleluasaan kepada para pengguna untuk menggunakan tampilan versi lama.

Namun, mulai bulan ini, Google akan menghapus opsi tampilan versi lama dan "memaksa" pengguna untuk menggunakan tampilan UI barunya.

“Bagi para pengguna yang sudah mengaktifkan Chat, bisa menikmati user interface terkini yang terintegrasi langsung dengan beberapa aplikasi seperti Spaces, Gmail dan Meet. Mereka bisa menemukannya di sebelah kiri beranda. Di mana kondisi ini juga akan menjadi standar baru bagi para pengguna,” ungkap pihak Google melalui postingannya di blog.

“Melalui berbagai pengaturan yang sudah disediakan, kamu bisa mengatur user interface dengan menyertakan berbagai aplikasi penting dan bisa disesuaikan dengan kebutuhanmu. Baik itu Gmail sendiri atau kombinasi antara Gmail, Chat, Spaces, dan Meet,” tambah pihak Google.

Pihak Google mengklaim, hadirnya user interface terbaru saat ini dianggap lebih responsif dan fleksibel. Di mana para pengguna bisa melakukan pengaturan sesuka hati serta sesuai kebutuhan dan aktivitas sehari-hari mereka.

Mulai dari menyajikan aplikasi-aplikasi penting di beranda yang banyak digunakan sehari-hari, hingga membuang aplikasi apa saja yang dianggap tidak dibutuhkan dan sifatnya hanya pajangan saja.

Dengan hadirnya versi terbaru ini, para pengguna tidak lagi bisa mengonfigurasi obrolan yang sebelumnya berada di bagian kanan Inbox.

Kebijakan dan keputusan yang dibuat oleh perusahaan bukanlah hal mengejutkan, karena sudah direncanakan sejak lama dengan tujuan memberikan standar khusus bagi para pengguna setia Gmail.

Dengan pembaruan ini, diharapkan kedepannya para pengguna bisa merasakan pengalaman yang lebih baik lagi selama menggunakan aplikasi Gmail.

Bagi para pengguna, mungkin hal ini akan membutuhkan sedikit waktu untuk beradaptasi. Terlebih bagi mereka yang sudah nyaman dan menyukai versi lama dari Gmail.

Beri Komentar